logo


Gawat, Ratusan Varian Baru Covid-19 Muncul di India

Otoritas kesehatan India mengatakan bahwa mereka telah menemukan 240 varian baru Covid-19 di seluruh penjuru negara tersebut.

22 Februari 2021 19:00 WIB

Ilustrasi Laboratorium Virus
Ilustrasi Laboratorium Virus istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Otoritas Kesehatan India mengatakan bahwa ada 240 strain baru virus Covid-19 yang ditemukan di seluruh wilayah India, dimana beberapa mutasi membuat virus tersebut menjadi lebih mudah ditularkan dan berpotensi lebih membahayakan, dibanding dengan strain virus Covid-19 sebelumnya.

Shahshank Joshi, seorang anggota satgas penanganan Covid-19 India mengatakan bahwa strain mutasi Covid-19 tersebut tampaknya menyebabkan peningkatan jumlah kasus infeksi secara signifikan di sejumlah negara bagian, termasuk Maharashtra yang merupakan negara bagian dengan jumlah populasi terbesar kedua di India.

Sementara itu, Randeep Guleria, kepala Institut Kesehatan India (AIIMS) memperingatkan bahwa sejumlah varian baru Covid-19 tersebut berpotensi jauh lebih menular dari lebih berbahaya yang dapat membuat seseorang yang telah memiliki antibodi bisa terinfeksi kembali.


Ingin Masuk ke Perjanjian Nuklir 2015, Joe Biden Segera Bebaskan Iran dari Sanksi AS

Pernyataan tersebut muncul usai sejumlah distrik di Maharashtra kembali memberlakukan aturan lockdown selama satu pekan yang mulai diberlakukan pada Senin (22/2) menyusul penambahan kasus infeksi yang sangat tinggi, mencapai 6,971 kasus dengan 35 kematian pada Minggu (21/2).

Sementara itu, peningkatan jumlah kasus Covid-19 tidak hanya terjadi di Maharashtra saja, dimana empat negara bagian lain juga mengalami hal serupa. Secara keseluruhan, India melaporkan lebih dari 14 ribu kasus Covid-19 tambahan pada akhir pekan lalu, tertinggi sejak 29 Januari 2021.

Guleria mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya perlu melakukan penelitian yang lebih lanjut terhadap ratusan varian baru virus Sars-Cov-2 yang muncul di India tersebut. Ia juga menambahkan bahwa diperlukan adanya perubahan pada formulasi vaksin sehingga lebih efektif dalam mencegah penyebaran varian baru tersebut.

Dua Demonstran Myanmar Tewas Ditembak, AS Bakal Tindak Tegas Militer Myanmar

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×