logo


Politikus Demokrat Singgung Makam Gus Dur, Barikade Gus Dur: Membangkitkan Sakit Hati Kami

Barisan Kader (Barikade) Gus Dur keberatan dengan pernyataan politikus Partai Demokrat, Rachland Nashidik, terkait makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang dibiayai negara

21 Februari 2021 07:30 WIB

Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur).
Presiden RI ke-4 Abdurahman Wahid (Gus Dur). Istimewa

MALANG, JITUNEWS.COM - Barisan Kader (Barikade) Gus Dur keberatan dengan pernyataan politikus Partai Demokrat, Rachland Nashidik, terkait makam Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang dibiayai negara. Barikade Gus Dur mendatangi kantor DPC Partai Demokrat Kota Malang untuk menyampaikan keberatannya tersebut.

"Kami ingin menyampaikan keberatan dengan apa yang disampaikan oleh Raflan Rasidik, yang menyatakan bahwa itu (Makam Gus Dur) dibangun oleh negara, sama sekali tidak benar," kata Ketua Barikade Gus Dur DPC Kota Malang, Dersi Hariono kepada wartawan, Sabtu (20/2).

Dersi mengatakan bahwa pihak keluarga Gus Dur mengungkapkan bahwa makam dibangun hasil swadaya keluarga sendiri. Ia tidak ingin permasalahan museum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikaitkan dengan Gus Dur.


Ramai Foto Annisa Pohan Disandingkan Nissa Sabyan, Demokrat: Tolong Jangan Serang Wanita Tak Berdosa Ini

"Kalau toh negara yang membangun, yang dibangun oleh negara bantuan fasilitas itu, fasilitas umum dan fasilitas tempat transit, terminal, dan museum nusantara, itu dibangun oleh atas anggaran. Jadi jangan sampai permasalahan museum SBY di Pacitan itu, kenapa kok menyebut permasalahan Gus Dur," katanya.

Dersi mengatakan bahwa rezim SBY telah memisahkan Gus Dur pada induk Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Catatan sejarah telah mencatat bahwa dulu, rezim SBY ini telah memisahkan Gus Dur pada induk partai PKB. Sekarang diulang lagi oleh kadernya, apa sih yang diinginkan oleh teman-teman Demokrat baik itu fungsionalis maupun yang ada di struktural," katanya.

"Kita sebagai masyarakat yang berbangsa dan bernegara yang kita inginkan adalah sikap dan keamanan. Kalau terus-terusan oknum Demokrat secara langsung atau tidak langsung menyinggung-menyinggung permasalahan Gus Dur yang tidak ada keterkaitannya dengan museum SBY di Pacitan itu sama saja membangkitkan sakit hati kami dan kemarahan kami 7 tahun yang lalu," sambungnya.

Disomasi Akibat Cuitannya Tentang Makam Gus Dur, Politikus Demokrat: Saya Memohon Maaf

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata