logo


Terdampak Badai Salju, Program Vaksinasi Covid-19 AS Tertunda

Program vaksinasi Covid-19 di seluruh negara bagian AS terkendala cuaca buruk

20 Februari 2021 13:22 WIB

Ilustrasi Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi Vaksinasi Covid-19 AFP

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Badai salju yang melanda sebagian besar wilayah Amerika Serikat tidak hanya menyebabkan terputusnya aliran listrik di sejumlah wilayah, namun juga berdampak terhadap program vaksinasi Covid-19, dimana proses pendistribusian 6 juta dosis ke sejumlah negara bagian terpaksa ditunda hingga setidaknya minggu depan.

Dilansir dari Channel News Asia pada Sabtu (20/2), penasihat senior satgas penanganan Covid-19 Gedung Putih, Andy Slavitt, mengatakan bahwa tertundanya proses pendistribusian vaksin tersebut disebabkan oleh tertutupnya sejumlah ruas jalan karena cuaca buruk, pemadaman listrik ditambah para pekerja perusahaan pengiriman yang tidak dapat bekerja.

Slavitt juga mengatakan bahwa pabrik pengemasan yang mengerjakan vaksin Moderna baru bisa kembali beroperasi setelah akses jalan dibersihkan. Ia menambahkan bahwa vaksin tersebut diperkirakan akan siap dikirim pada Minggu malam untuk segera didistribusikan mulai minggu depan.


Wabah Kelaparan Bisa Rusak Upaya Penyelesaian Konflik Yaman

Pada awal pekan ini, Moderna juga sudah mengatakan bahwa kemungkinan akan ada penundaan jangka pendek dalam pengiriman vaksin Covid-19 dimana masalah tersebut akan segera diselesaikan.

Sebelumnya, Pfizer-BioNTech dan Moderna pada Kamis mengatakan bahwa mereka telah memulai kajian internasional untuk mengevaluasi keamanan dan efektivitas vaksin COVID-19 buatan mereka terhadap wanita hamil yang sehat.

Pentagon Desak Taliban Hentikan Serangan Sebelum Pasukan AS Ditarik Keluar dari Afghanistan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia