logo


Sebut Pencemaran Nama Baik dan Kritik Beda Tipis, Kapolri: Posisi Kita Serba Salah dengan UU ITE

Listyo Sigit menginstruksikan kepada jajarannya agar ada mediasi terkait pelaporan pelanggaran UU ITE

19 Februari 2021 06:30 WIB

Komjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo
Komjen Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa UU Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah membuat posisi kepolisian serba salah. Hal tersebut ia sampaikan menanggapi arahan Presiden Joko Widodo agar polisi bersikap selektif terhadap laporan pelanggaran UU ITE.

"Pak Presiden sampaikan ke kita untuk hati-hati dalam menerapkan UU ITE dan memang kita sadari selama ini posisi kita serba salah," ujar Jenderal Sigit dalam sambutannya di acara Dies Natalis HMI di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Kamis (18/2/2021).

"Ada laporan dari A kita terima, dianggap kita berpihak pada si A. Si B lapor, si A bilang 'kenapa kamu bela B'. Jadi posisi kita serba salah," sambungnya.


Tak Hanya Pasal di UU ITE, Ferdinand Hutahaean Sebut Akhlak Manusianya Juga Perlu Direvisi

Listyo Sigit mengatakan bahwa ada perbedaan yang tipis antara pencemaran nama baik dengan kritik. Menurutnya, hal itulah yang membuat polisi berada pada posisi yang sulit.

"Karena ini berbeda perspektif juga, pencemaran nama baik sama kritik itu beda-beda tipis. Ini serba sulit. Ini memang potensial untuk membuat kondisi bangsa menjadi terpecah-belah," kata dia.

Lebih lanjut, Listyo Sigit mengatakan bahwa pihaknya akan menginstruksikan kepada jajarannya agar ada mediasi terkait pelaporan pelanggaran UU ITE. Ia memastikan bahwa menyampaikan kritik diperbolehkan namun jangan sampai menimbulkan konflik yang berlebihan.

"Kritik boleh, tapi tidak perlu sampai harus konfliknya berlebihan sehingga mengakibatkan perpecahan. Tapi terhadap hal-hal yang memecah belah kemudian ada muncul gerakan di beberapa wilayah, mau tidak mau saya harus proses," pungkasnya.

Ferdinand Ingatkan Jokowi Tak Terbujuk Terbitkan Perppu Soal UU ITE

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati