logo


Terima Kasih Pangdam Udayana dan Shopee, Kini Sumber Air Bersih untuk Warga NTT Sudah Dekat dan Mudah

Pangdam IX Udayana menggelar program pembangunan pompa air bersih di sejumlah titik di wilayah NTT

18 Februari 2021 13:19 WIB

Lokasi pembangunan pompa air di wilayah NTT yang sudah diselesaikan
Lokasi pembangunan pompa air di wilayah NTT yang sudah diselesaikan dok jitunews

NTT, JITUNEWS.COM - Air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama dan mendasar bagi masyarakat, terutama pada situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, Shopee Indonesia mendukung penuh upaya Pangdam IX Udayana dalam menyediakan air bersih di beberapa wilayah NTT dengan membangun pompa air di titik-titik krusial.

Selain jarak yang jauh dari pemukiman, warga di beberapa kabupaten yang ada di wilayah propinsi NTT juga harus melalui jalur yang sangat terjal untuk mencari pasokan air bersih. Krisis air bersih yang sudah terjadi sejak Juli tahun 2020 lalu tersebut juga berdampak terhadap tingkat kesembuhan Covid-19, yang hanya mencapai 56 persen.

Sementara itu, salah satu solusi untuk mendapatkan sumber daya air bersih adalah dengan membuat sumur bor. Hanya saja, biaya pembuatan sumur bor di wilayah tersebut cukup tinggi. Oleh karena itu, Pangdam IX Udayana menggandeng Shopee Indonesia untuk membangun pompa air di sejumlah titik di wilayah NTT.


Ngaku Kecolongan Jika Bupati Orient WNA, PDIP: Harusnya Penyelenggara Pilkada Bertanggung Jawab!

Dalam sebuah wawancara dengan MetroTV, Rabu (17/2), Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Pangdam IX Udayana mengatakan bahwa program pembangunan pompa air ini bukanlah solusi baru dimana 5-6 tahun lalu sudah mulai dikerjakan oleh sejumlah pihak lainnya. Namun, program tersebut terhenti.

"Setelah kita evaluasi, akhirnya kita coba kerjakan. Sampai sekarang sudah berjalan beberapa titik," katanya.

Program air bersih tersebut rencananya akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, dimana ada 19 titik pompa air yang sudah selesai dibangun untuk tahap pertama.

Lima titik pembangunan pompa air yang saat ini sudah dirampungkan antara lain berlokasi di Desa Oenlasi (Kab TTS), Desa Silu (Kab Kupang), Desa Oenesu (Kab Kupang), Desa Oelnasi (Kab Kupang) dan Desa Bomari (Kab Ngada).

5 titik air yang sudah diselesaikan PT Shopee Indonesia, menurut Aslog Kasdam 9 Udayana, Kol. Cpl Simon Petrus, sesuai harapan Pangdam Udayana mampu bernilai ekonomis dan produktif. Berikut tabel analisa dampak ketersediaan air kepada lingkungan:

Sementara itu, saat ini Kodam Udayana masih menyelesaikan pembangunan pompa air di tujuh lokasi lain di antaranya Desa Seki (kampung Oemofa) Kab Kupang; Desa Lelogama, Kab Kupang; Desa Pana, Kab TTS; Desa Inbate, Kab TTU; Desa Oebafo, Kab Rotendao; Desa Oebaki, Kab TTS; dan Desa Dirun, Kab Belu.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan bahwa program pembangunan pompa air bersih di wilayah NTT tersebut adalah salah satu bentuk tanggung jawab sosial dari Shopee kepada Indonesia.

"Program ini dipimpin dan digagas oleh Bapak Maruli, dimana kita disini sifatnya membantu. Kita berharap program ini bersifat jangka panjang, jadi kita bisa melihat apa kebutuhan yang kita bisa terus bantu dari waktu ke waktu," kata Handhika.

"Khususnya di lima titik pompa air ini, kita berharap bisa membantu lebih dari seribu rumah tangga di NTT," tambahnya.

Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menambahkan bahwa program air bersih ini merupakan langkah awal dari program-program lainnya, dimana nantinya pihak TNI juga akan melanjutkan program untuk sektor pertanian dan peternakan.

Cek Videonya disini.

Hasil Kajian IWI, Indonesia Terancam Krisis Air Bersih Jika Pemerintah Tak Bertindak

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×