logo


Pengiriman Vaksin Covid-19 ke Gaza Diblokir oleh Israel

Israel telah memblokir pengiriman seribu dosis vaksin Covid-19 buatan Rusia, Sputnik V, yang akan didistribusikan kepada petugas medis di jalur Gaza.

17 Februari 2021 15:15 WIB

Gaza
Gaza istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Israel telah memblokir 1.000 dosis vaksin Covid-19 Sputnik V buatan Rusia yang sedianya akan didistribusikan kepada para petugas medis yang berada di dalam wilayah Gaza.

Dilansir dari Al Jazeera, Tindakan Israel tersebut tentu saja memicu kemarahan dari kelompok Hamas yang memegang pemerintahan di jalur Gaza. Hamas menilai tindakan Israel, baik pemblokiran terhadap vaksin maupun wilayah Gaza tersebut sebagai pelanggaran undang-undang internasional.

"Langkah Israel menandai sebuah tindak kejahatan sebenarnya dan pelanggaran terhadap hukum internasional serta standar kemanusiaan," kata juru bicara Hamas Hazem Qassem.


PBB Sebut Serangan Roket yang Tewaskan Kontraktor AS di Erbil Tingkatkan Ketegangan Kawasan

Pemerintah Palestina mengatakan bahwa mereka akan membagikan jumlah pasokan vaksin yang sudah mereka terima ke wilayah Gaza yang merupakan tempat tinggal bagi lebih dari dua juta rakyat Palestina. Otoritas juga melaporkan bahwa jumlah kasus infeksi Covid-19 di kota tersebut kini telah mencapai lebih dari 53 ribu kasus dengan sedikitnya 537 kematian.

Pemerintah Palestina sendiri saat ini sudah menerima sekitar 2 ribu dosis vaksin Sputnik V buatan Rusia.

Sementara itu, berbagai pihak internasional juga sudah meminta Israel yang merupakan negara dengan tingkat vaksinasi Covid-19 tercepat di dunia, untuk membagikan pasokan vaksin mereka kepada rakyat Palestina yang tinggal di wilayah Tepi Barat dan Jalur Gaza.

COGAT, lembaga militer Israel yang menangani urusan sipil di sejumlah teritorial Palestina yang mereka duduki, mengatakan bahwa pemerintah Palestina telah meminta adanya transfer 1.000 dosis vaksin Covid-19 ke wilayah Gaza, namun permintaan tersebut masih harus menunggu persetujuan oleh pemerintah Israel.

Kelompok Militan Irak Janji Akan Terus Lancarkan Serangan Roket terhadap Pasukan AS

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×