logo


Kelompok Militan Irak Janji Akan Terus Lancarkan Serangan Roket terhadap Pasukan AS

Kelompok militan Irak Awliya al Dam berjanji akan terus melancarkan serangan terhadap pasukan AS di seluruh wilayah Irak

17 Februari 2021 14:45 WIB

Pasukan AS
Pasukan AS istimewa

BAGHDAD, JITUNEWS.COM - Serangan roket yang menghujam pangkalan militer AS di wilayah Kurdish diluncurkan oleh kelompok militan Syiah yang menyebut dirinya sebagai Awliyaa al Dam.

Dilansir dari Al Jazeera, seorang pejabat yang tidak disebut namanya mengatakan bahwa roket-roket tersebut diluncurkan dari sebuah kawasan di selatan kota Erbil di dekat perbatasan dengan provinsi Kirkuk. Roket diketahui juga menghantam sejumlah kawasan pemukiman yang berlokasi tak jauh dari bandara internasional Erbil.

Dalam pernyataannya, kelompok militan Awliya al Dam mengatakan bahwa mereka akan terus melancarkan serangan roket terhadap AS jika tidak segera meninggalkan Irak.


Lakukan Kudeta, Inggris Minta Pihak Militer Myanmar untuk Diadili

"Pendudukan Amerika tidak akan aman dari serangan kami di setiap inci negara ini, bahkan di Kurdistan, dimana kami berjanji akan menggelar operasi kualitatif lainnya," kata kelompok militan tersebut menurut kelompok intelijen SITE, LSM yang melakukan pelacakan secara online aktifitas organisasi bersenjata.

Serangan roket terhadap pangkalan AS yang terletak tak jauh dari bandara internasional Erbil tersebut jelas memicu kemarahan dari Washington.

"Kami sangat marah dengan serangan roket di wilayah Kurdistan Irak," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki.

"Seperti biasanya, presiden dan pemerintah Amerika Serikat berhak merespon kapanpun yang kami mau," tambahnya.

Sejak Irak menyatakan kemenangan mereka atas ISIS pada akhir tahun 2017 lalu, jumlah pasukan koalisi yang ada di negara tersebut terus dikurangi dan kini hanya menyisakan sekitar 3.500 personil, dimana 2.500 diantaranya adalah pasukan AS yang sebagian besar berada di kompleks militer yang berlokasi di dekat bandara Erbil.

PBB Sebut Serangan Roket yang Tewaskan Kontraktor AS di Erbil Tingkatkan Ketegangan Kawasan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×