logo


Tampilan Google Doodle Hari Ini Bergambar Marie Thomas, Siapa dan Bagaimana Sepak Terjangnya?

dr Marie Thomas yang telah berhasil mengukir sejarah dalam bidang spesialis wanita pertama di ginekologi dan kebidanan

17 Februari 2021 09:47 WIB

Google Doodle bergambar dr Marie Thomas
Google Doodle bergambar dr Marie Thomas Screenshot/Google

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Ada yang berbeda saat kita membuka google hari ini. Google Doodle hari ini menampilkan ilustrasi seorang dokter wanita yang tengah menggendong bayi. Siapakah dia?

Diketahui, gambar tersebut merupakan dr Marie Thomas yang telah berhasil mengukir sejarah dalam bidang spesialis wanita pertama di ginekologi dan kebidanan. Ia lahir di desa Likupang, Sulawesi Utara tepatnya 125 tahun yang lalu.

dr Marie Thomas sempat bekerja di salah satu rumah sakit terbesar di Batavia, Jakarta. Namun tak berselang lama, ia melanjutkan karirnya sebagai dokter pertama yang memperkenalkan metode kontrasepsi baru seperti IUD (intra uterine device) ke seluruh wanita Indonesia.


Tetap Dipolisikan Meski Sudah Tiga Kali Minta Maaf, Dokter Richard Lee Merasa Dipermainkan Kartika Putri

Ia dikenal sebagai dokter yang dermawan. Ia tidak segan membayarkan biaya perawatan pasien yang tidak mampu. Bahkan saking cintanya dengan profesinya tersebut, ia mendirikan sebuah sekolah kebidanan pertama di Sumatera.

Ilustrasi yang ditampilkan di Google Doodle hari ini didedikasikan sebagai bentuk apresiasi kepada dr Marie Thomas. Dimana hari ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya.

"Selamat ulang tahun, Dr Marie Thomas. Terima kasih atas dedikasi tanpa pamrih Anda untuk kehidupan orang lain yang telah membuka jalan bagi perempuan di Indonesia untuk mengejar kedokteran dan pendidikan tinggi," demikian ucapan yang tertera di balik perayaan Google Doodle.

 

Sindir Kartika Putri, dr Richard Lee: Udah Capek Edukasi, Ada yang Laporin

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati