logo


Tak Perlu Direvisi, Fahri Hamzah Usul UU ITE Langsung Dicabut Saja

Fahri mengusulkan pemerintah dan DPR agar mengesahkan RUU KUHP.

16 Februari 2021 17:15 WIB

Fahri Hamzah saat memberikan orasi politik kebangsaannya di acara 20 Tahun Refleksi Reformasi di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (21/5).
Fahri Hamzah saat memberikan orasi politik kebangsaannya di acara 20 Tahun Refleksi Reformasi di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (21/5). Jitunews/Latiko Aldilla Dirga

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah menanggapi rencana pemerintah dalam merevisi Undang Undang ITE. Menurutnya, UU yang disebut mengandung banyak ‘pasal karet’ itu sebaiknya langsung dicabut saja.

Mantan Ketua DPR RI itu mengusulkan pemerintah dan DPR agar mengesahkan RUU KUHP. Dia mengatakan, pembahasan RUU KUHP seharusnya bisa mencapai tahap lanjut.

“Alhamdulillah, usul saya, cabut saja UU ITE dan segera bahas pengesahan RUU KUHP baru yang sebenarnya pada DPR RI periode lalu sudah selesai pembicaraan tingkat pertama,” cuitnya lewat akun Twitter @Fahrihamzah, Selasa (16/2).


UU ITE Bakal Direvisi, Novel PA 212: Sudah Banyak yang Jadi Korban Kriminalisasi

Diketahui, RUU KUHP sebelumnya telah disepakati panitia kerja (Panja) serta pemerintah. Pengesahan RUU KUHP sebenarnya bisa dilakukan di rapat paripurna DPR RI tahun lalu. Namun agenda itu ditunda karena adanya penolakan publik yang memicu aksi demonstrasi.

Fahri menilai RUU KUHP sangat penting. Menurutnya, KUHP yang digunakan saat ini merupakan peninggalan Belanda yang semestinya sudah tak dipakai.

“Ganti KUHP produk Belanda dengan UU yang merupakan modifikasi hukum pidana karya sendiri,” ujarnya.

Tanggapi Rencana Revisi UU ITE, Novel PA 212 Sebut Rezim Jokowi Sudah Panik

Halaman: 
Penulis : Iskandar