logo


Tiga Kasus Covid-19 Misterius Muncul, PM Selandia Baru Lockdown Auckland Tiga Hari

PM Selandia Baru Jacinda Ardern mengumumkan kebijakan lockdown selama tiga hari usai munculnya tiga kasus Covid-19 di kota Auckland

15 Februari 2021 10:30 WIB

Jacinda Ardern
Jacinda Ardern istimewa

AUCKLAND, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern telah mengumumkan bahwa kebijakan lockdown kembali diberlakukan di Auckland selama tiga hari menyusul munculnya tiga kasus baru COVID-19 di kota terbesar di negara itu. Sejauh ini, pemerintah Selandia Baru masih belum dapat menjelaskan bagaimana kasus infeksi Covid-19 tersebut bisa muncul.

Tiga kasus yang dilaporkan pada Minggu (14/2) berasal dari sebuah keluarga yang tinggal di Auckland bagian selatan, dimana ketiganya sudah mengikuti prosedur yang benar dengan mengisolasi diri saat mereka mengalami gejala.

Ardern mengatakan bahwa Selandia Baru akan "bekerja keras dan lebih awal" setelah kasus diidentifikasi, dimana aturan lockdown selama tiga hari tersebut akan membantu pemerintah mendapatkan "gambaran lengkap" dari wabah dan menentukan apakah ada penularan dari komunitas.


Covid-19 Belum Selesai, Virus Ebola Muncul Lagi di Guinea

Ardern mengatakan bahwa keputusan mengenai kebijakan lockdown tersebut tentu saja "tidak bisa dianggap sepele" mengingat kebijakan tersebut jelas berdampak terhadap sektor perekonomian.

"Kami juga menyadari biaya yang jauh lebih besar bagi seluruh perekonomian jika kami membuat keputusan yang salah. Pendekatan kehati-hatian telah sangat membantu kami hingga saat ini," tambah Ardern.

Perdana menteri juga mendesak warga Selandia Baru untuk terus menjadi kuat dalam menghadapi situasi kemunculan tiga kasus Covid-19 tersebut.

"Kita semua merasakan hal yang sama ketika ini terjadi, kita semua mendapatkan perasaan 'jangan lagi'," katanya.

Pasokan Vaksin Covid-19 Terkendala, Presiden Perancis: Kami Harus Bekerja dengan China dan Rusia

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia