•  

logo


Covid-19 Belum Selesai, Virus Ebola Muncul Lagi di Guinea

Pemerintah Guinea, sebuah negara di Afrika barat, pada Minggu (14/2) mengumumkan bahwa wabah Ebola kembali muncul. Setidaknya empat orang yang telah terinfeksi virus tersebut telah meninggal dunia

15 Februari 2021 09:34 WIB

Ebola
Ebola istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Guinea mengumumkan bahwa wabah penyakit Ebola kembali muncul di wilayah Nzerekore dengan dikonfirmasinya empat kasus kematian terkait infeksi tersebut.

"Menghadapi situasi ini dan dalam penerapan Peraturan Kesehatan Internasional, pemerintah Guinea menyatakan wabah penyakit virus Ebola di prefektur N'Zerekore, sub-prefektur Gouecke," kata Menteri Kesehatan Remy Lamah pada Minggu (14/2) dalam siaran persnya.

Lamah kemudian langsung meminta otoritas kesehatan Guinea, serta mitra asing, untuk mengadakan pertemuan darurat pada Minggu pagi.


AS Keluarkan "Travel Advisory" bagi Warganya untuk Tidak Pergi ke Myanmar

Dalam siaran pers tersebut, mereka menyetujui daftar tindakan yang harus dilakukan untuk merespon krisis kesehatan tersebut, seperti mengkarantina individu yang terinfeksi dan memperoleh lebih banyak vaksin Ebola dari Organisasi Kesehatan Dunia.

Kasus kematian pertama akibat virus Ebola adalah seorang perawat wanita, yang jatuh sakit pada akhir Januari lalu dan dikuburkan pada 1 Februari 2021.

Lamah mengatakan bahwa tujuh orang yang menghadiri pemakaman pasien tersebut sudah menunjukkan gejala infeksi Ebola, seperti diare, muntah, dan pendarahan. Tiga diantaranya kemudian meninggal.

Kematian empat penduduk Nzerekore tersebut sebelumnya sudah dilaporkan oleh Rospotrebnadzor pada Sabtu (13/2). Rospotrebnadzor sendiri adalah layanan federal Rusia untuk perlindungan hak konsumen dan kesejahteraan manusia, yang membantu tanggapan pemerintah Guinea terhadap Ebola, seperti yang terjadi pada epidemi 2013-2016.

Menurut Rospotrebnadzor, gejala infeksi virus Ebola ditunjukkan oleh delapan orang yang menghadiri pemakaman tersebut.

Pengawas mengatakan bahwa tiga dari mereka meninggal dunia, empat lainnya dibawa ke rumah sakit, dan satu orang lagi meninggalkan rumah sakit tanpa izin tetapi kemudian ditemukan dan dirawat di rumah sakit di ibukota Guinea, Conakry.

Virus Covid-19 Kemungkinan Tak Akan Lenyap, Pakar: Kita Harus Bersiap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia