logo


Soal Permintaan Revisi SKB Seragam Sekolah, Kemenag: Sudah Diputuskan, Kita Coba Dulu

MUI minta SKB Seragam Sekolah direvisi agar tidak terjadi polemik

15 Februari 2021 08:00 WIB

Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia.
Gedung Kementerian Agama Republik Indonesia. pasamanbarat.kemenag.go.id

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag), Rahmat Mulyana buka suara terkait permintaan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang meminta surat keputusan bersama (SKB) 3 menteri soal seragam sekolah direvisi.  Menurutnya, SKB  tersebut sudah diputuskan sehingga perlu dijalankan terlebih dahulu.

"Ya kalau kebijakan dikeluarkan pasti ada yang setuju dan tidak kan. MUI itu kan bisa dipahami, itu representasi dari umat Islam yang memang stand point nya harus demikian kalau MUI itu. Jadi pandangannya lebih mempertahankan. Kalau dalam bahasa filsafat pendidikan itu lebih peremial (mempertahankan nilai)," kata Rahmat Mulyana seperti dilansir detikcom, Minggu (14/2/2021) malam.

Rahmat menilai hal yang wajar apabila ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan sebuah keputusan. Ia mengaskan bahwa keputusan tersebut telah dibuat dengan pertimbangan yang matang.


Terkait Kasus Hina Ulama, Yusuf Mansur: Mas Andre Mau Minta Maaf, Mau...

"Jadi kalau memang tidak setuju, wajar dan sah-sah saja. Nggak masalah. Cuman gini, ini kan sudah diputuskan, ya kita coba dulu. Nanti kalau kemudian ternyata apa yang dikhawatirkan rekan-rekan MUI itu ternyata banyak benarnya, kan bisa ditinjau lagi," sambungnya.

Sebelumnya, MUI meminta agar SKB 3 menteri soal seragam sekolah direvisi. Hal tersebut perlu dilakukan agar tidak menimbulkan polemik di kemudian hari. MUI menilai pemerintah tidak perlu ikut campur dalam melarang atau mewajibkan penggunaan seragam dengan kekhasan agama tertentu. Menurut MUI kebijakan seragam sekolah tersebut cukup diserahkan ke pihak sekolah.

Wah! Kota Ini Sudah Wajibkan Bimwin, Tak Ikut Berarti Tak Dapat Surat Nikah

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati
 
×
×