logo


Bukan China, Prioritas Utama AS Saat Ini adalah Korea Utara

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa pemerintah AS akan terus mengupayakan denuklirisasi Korea Utara dimana hal itu akan menjadi prioritas utama mereka.

13 Februari 2021 14:30 WIB

Patung Liberty
Patung Liberty istimewa

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat pada Jumat (12/2) mengatakan bahwa program nuklir dan rudal balistik Korea Utara adalah prioritas utama kebijakan luar negeri pemerintahan Joe Biden dimana AS tetap berkomitmen semaksimal mungkin mengupayakan adanya denuklirisasi.

Juru bicara kemenlu AS Ned Price mengatakan bahwa meski Joe Biden sejauh ini terlihat tidak terlalu terkait secara langsung terhadap isu Korea Utara, namun bukan berarti tidak memprioritaskan isu denuklirisasi Korea Utara.

"Faktanya, ini masih menjadi prioritas," kata Ned Price dalam konferensi pers dikutip Reuters.


Inggris dan AS Kecam Keputusan China Blokir BBC World News

Korea Utara terus membuat sejumlah progres dalam program nuklir dan rudal balistiknya dalam beberapa tahun terakhir dimana "hal ini menjadi sebuah kebijakan yang mendesak bagi Amerika Serikat dan satu hal yang kami berkomitmen untuk membahasnya dengan negara-negara aliansi," kata Price.

"Dan...kami tetap berkomitmen untuk denuklirisasi Korea Utara," tegasnya.

Sebelumnya, PBB melaporkan bahwa Korea Utara terus mengembangkan program nuklir dan rudal balistiknya sepanjang tahun 2020 dimana hal itu merupakan sebuah pelanggaran atas sanksi internasional. PBB juga mengatakan bahwa program tersebut mendapat suntikan dana mencapai USD 300 juta yang dihimpun oleh Korea Utara lewat serangan siber mereka.

Mulai 16 Februari, AS Tak Lagi Anggap Kelompok Houthi Yaman sebagai Organisasi Teroris

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia