logo


Din Syamsuddin Dituding Radikal, HNW: Pengalihan Isu? Pecah Belah Umat?

Din Syamsuddin dilaporkan oleh Gerakan Anti Radikalisme Istitut Teknologi Bandung (GAR ITB) dengan tuduhan radikalisme

13 Februari 2021 09:07 WIB

Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW).
Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW). fraksidpr.pks.id

HNW mempertanyakan motif laporan terhadap Din tersebut.

"Akan jadi preseden buruk, dan berdampak luas, bila tokoh sekaliber Prof Din yang moderat dan antiradikal rame, malah dituduh sebagai radikal. Maka mestinya KASN menyelidiki, dan Umat waspada, apa motif dibalik pelaporan ini. Pengalihan isu? Pecah belah Umat? Atau pendiskreditan tokoh-tokoh Umat?" katanya.

Menurutnya, Din kerap mengutarakan kritik dan memberikan masukan solutif kepada pemerintah. HNW menyebut bahwa dalam demokrasi kritikan terhadap pemerintah adalah vitamin.


Sebut Tudingan ke Din Syamsuddin Upaya Memecah Belah Bangsa, MUI: Ada Spirit Islamofobia Ditebar

"Tapi tetap dalam koridor demokrasi, objektivitas, dan etika. Jangan sampai, ini menjadi preseden bahwa seorang yang mengkritik pemerintah sesuai anjuran Presiden Jokowi, malah mudah distigma dan dilaporkan dengan tuduhan radikalisme yang jelas mengada-ada itu," ucap HNW.

"Ini harus dikritisi dan dikoreksi, agar tidak jadi preseden, agar tidak ada lagi tokoh yang orientasinya moderat, dan anti radikalisme, malah dengan mudah dituduh dan dilaporkan sebagai radikal, hanya karena perbedaan pandangan atau pilihan politik," jelasnya.

Din Syamsuddiin Dituding Radikal, PBNU: Apakah Telinga Saya Kopoken Belum Dengar Hal Itu?

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata
 
×
×