logo


Klaim Penanganan Covid Tahun 2021 Lebih Baik, Satgas: Kita Memahami Musuh Sedikit Lebih Baik

Satgas menyebut pemerintah dan warga telah mengambil pelajaran dari pandemi Covid-19

12 Februari 2021 05:30 WIB

Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengklaim bahwa penanganan Covid-19 tahun 2021 lebih baik daripada tahun sebelumnya. Ia menyebut pemerintah dan warga telah mengambil pelajaran dari wabah yang mengglobal tersebut. Apalagi ditambah dengan adanya vaksin Covid-19 diharapkan kasus Covid-19 di Indonesia terus melandai.

"Tahun ini kita memasuki pertarungan ini secara berbeda karena sudah punya pengalaman yang kita lalui tahun lalu. Kita mulai memahami musuh sedikit lebih baik," kata Wiku dalam International Press Briefing yang disiarkan melalui kanal YouTube Sektretariat Presiden, Kamis (11/2/2021).

"Kita sekarang juga diperkenalkan dengan senjata baru yakni vaksin yang membawa harapan baru dengan sendirinya memerangi virus corona," imbuhnya.


Kanselir Jerman Akui Pihaknya Telat Respons Penyebaran Varian Baru Covid-19

Wiku memaparkan data perkembangan kasus aktif nasional dalam sepekan terakhir. Ia menyebut ada penurunan kasus aktif dari 89.502 kasus menjadi 79.437 kasus dalam rentang waktu 31 Januari-7 Februari.

"Pada level nasional, terjadi penuruan kasus 10,8 persen dibandingkan dengan minggu sebelumnya," ujarnya.

Meski demikian, Wiku menyarankan kepada masyarakat  agar tetap menerapkan protokol keseharan. Hal tersebut mengingat belum ada penelitian yang memprediksikan kapan pandemi akan berakhir.

 

Efektif Sembuhkan Pasien Covid-19, Menko PMK Minta Donor Plasma Konvalesen Ditingkatkan

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati