logo


China dan India Sepakat Tarik Mundur Pasukan dari Wilayah Perbatasan

Menteri Pertahanan India mengatakan bahwa China dan India sudah sepakat untuk menurunkan tensi di wilayah perbatasan dengan menarik mundur pasukan mereka.

11 Februari 2021 18:45 WIB

Pasukan India dan China di wilayah perbatasan
Pasukan India dan China di wilayah perbatasan istimewa

NEW DELHI, JITUNEWS.COM - Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan bahwa India dan China sepakat untuk menarik pasukan militernya yang sudah mereka siagakan di wilayah perbatasan di dataran tinggi Pangong Tso, kawasan pegunungan Himayala bagian barat. Ia mengatakan bahwa kesepakatan tersebut tercapai usai kedua belah pihak menggelar sejumlah pembicaraan baik oleh komandan militer maupun melalui para diplomat kedua negara.

Sebagaimana diketahui, ketegangan di wilayah perbatasan India-China dimulai pada April tahun lalu saat India mengatakan bahwa pasukan China telah masuk ke dalam wilayah teritorial India tanpa ijin di dataran tinggi Ladakh, Himayala Barat.

China mengklaim bahwa pasukannya beroperasi di dalam wilayah teritorial mereka dan menuding pasukan India lah yang memulai tindakan provokasi.


Lewat Telepon, Joe Biden Sampaikan Kekhawatiran AS soal Tindakan China kepada Xi Jinping

"Pembicaraan kita dengan China yang berkesinambungan telah mencapai kesepakatan terkait pembubaran pasukan di utara dan selatan Danau Pangong Tso," kata Rajnath Singh kepada parlemen India, dikutip Reuters.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan China mengatakan bahwa kedua pihak telah memulai proses penarikan pasukan dari wilayah perbatasan tersebut pada Rabu (10/2).

"Untuk memastikan pembubaran pasukan di titik-titik gesekan di sepanjang LAC, menurut kami, pasukan dari kedua belah pihak, yang sekarang berada di dekat perbatasan, harus mengosongkan barisan depan yang diterjunkan pada tahun 2020 dan mengembalikan pasukan ke pangkalan permanen," katanya.

Warga Myanmar Tuding China Dukung Aksi Kudeta yang Dilakukan oleh Pihak Militer

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia
 
×
×