logo


Novel Baswedan Kritik Penahanan Maaher, Polri: Awal Ditahan Ia Tidak Sakit

Polri menegaskan bahwa Maaher dalam kondisi sehat ketika awal masuk tahanan

9 Februari 2021 19:04 WIB

Soni Eranata atau Ustadz Maaher At-Thuwailibi
Soni Eranata atau Ustadz Maaher At-Thuwailibi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Kepala Biro Penanganan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menjawab kritikan penyidik senior Novel Baswedan yang mengaku heran Soni Ernata alias Ustaz Maaher At-Thuwailibi tetap ditahan padahal kondisinya sakit.

Rusdi menegaskan bahwa Maaher dalam kondisi sehat ketika awal masuk tahanan. Ia menerangkan bahwa Maaher mengeluh sakit usai menjalani penahanannya.

"Ketika ditahan kan dia enggak sakit. Awal ditahan yang bersangkutan tidak dalam kondisi sakit," kata Rusdi kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (9/2/2021).


Heran Maaher Sakit Tapi Dipaksakan Ditahan, Novel Baswedan: Aparat Jangan Keterlaluanlah, Apalagi dengan Ustaz Lho

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Maaher sudah mendapat perawatan dari dokter RS Polri. Menurutnya, saat dikembalikan ke rumah tahanan (rutan), Maaher sudah dinyatakan sembuh.

Sebelumnya, pihak keluarga meminta Maaher dirawat di RS UMMI Bogor. Namun Rusdi menegaskan bahwa perawatan di RS Polri sudah cukup memadai.

"Kalau di RS Polri kan sudah ada, apalagi yang namanya tahanan seperti itu ada ruangan khusus penanganan khusus dan sebagainya. Kalau di (RS) UMMI kan belum tentu," pungkasnya.

Natalius Pigai Bertemu Abu Janda, Polisi Pastikan Kasus Rasisme 'Evolusi' Tetap Lanjut

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati