logo


Kisah Sang Jenderal, Buku Biografi Mayjend (Purn) Asep Kuswani: Mengungkap Tabir Lepasnya Timor Timur

Mayjend (Purn) Asep Kuswani meluncurkan buku biografinya yang berjudul "Kisah Sang Jenderal" yang menceritakan kisah perjalanannya selama bertugas dalam konflik Timor Timur

8 Februari 2021 11:58 WIB

Mayjend (Purn) Asep Kuswani meluncurkan buku biografinya yang berjudul "Kisah Sang Jenderal".
Mayjend (Purn) Asep Kuswani meluncurkan buku biografinya yang berjudul "Kisah Sang Jenderal". dok jitunews

BANDUNG, JITUNEWS.COM - Bertempat di Sif Van Java, Bumi Coffee, kemarin, Minggu (7/2), Mayjend (Purn) Asep Kuswani meluncurkan buku biografinya yang berjudul "Kisah Sang Jenderal". Buku ini menceritakan perjalanan hidup purnawirawan bintang 2 TNI AD itu yang merupakan veteran perang Timor Timur.

"Buku ini dibuat di era Covid 19 selama 63 hari sesuai dengan usia saya di tanggal 6 Februari 2021 adalah 63 tahun. Penulisan buku ini merupakan bentuk tanda syukur saya kepada Allah SWT yang telah memberikan rejeki yang tiada terhingga," ujar Asep Kuswani kepada wartawan.


Pengembangan Vaksin Covid-19 seperti Lomba Pesawat Ulang-Alik di Tahun 1960-an

Asep Kuswani menjelaskan, buku "Kisah Sang Jenderal" mengisahkan perjalanan seorang anak bangsa yang berjuang sebagai prajurit dalam penugasannya selama menjadi tentara.

Kata Asep Kuswani, tidak mudah melewati serangkaian tugasnya di medan laga, banyak tantangan yang dihadapi. Prajurit yang bertahun-tahun bertugas di daerah operasi selalu bertempur, bertarung dengan pengkhianat bangsa, pahit getir dialaminya bahkan mempertaruhkan jiwa dan raga.

"Usai bertarung bukan bintang penghargaan yang didapat tapi dihadapkan ke pengadilan HAM akibat tuduhan dan fitnah dari jaringan-jaringan tertentu baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Akan tetapi semua itu dihadapi dengan sabar dan keyakinan kepada Tuhan yang maha kuasa, pada akhirnya bisa dilalui sampai akhir dinas," kata Asep Kuswani menambahkan.

Sementara itu, kata sahabatnya, Ardiansah, Asep Kuswani adalah seorang prajurit TNI yang sangat mencintai negeeinya. Asep Kuswani pernah menyelamatkan uang Bank Indonesia paska jejak pendapat di Timor Timur yang berakhir dengan lepasnya Timor Timur.

Usai launching buku, acara kemudian dilanjutkan dengan perayaan ulang tahun Asep Kuswani yang dipandu oleh pimpinan Sif Van Java, yang dihadiri oleh Paguyuan Asep Dunia yang memberikan lukisan yang dilukis langsung pada saat itu juga. Selain itu hadir juga para kolega dari alumni SMP Negeri 3 Garut, alumni SMAN 1 Garut, Bandung Karate Club, Kelompok Binaragawan Garut, editor buku 'Kisah Sang Jenderal' ibu Dr Eli Syarifah Aeni, serta beberapa tokoh lain yang hadir dalam acara itu.

Iran Tunggu AS Cabut Sanksi terhadap Teheran Sebelum Patuhi Aturan Perjanjian Nuklir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia