logo


SKB 3 Menteri Soal Seragam Sudah Benar, Ferdinand ke Waketum MUI: Jangan Diusik!

Status negeri, negara, harus bisa diterima semua pihak.

5 Februari 2021 17:18 WIB

Ferdinand Hutahaen.
Ferdinand Hutahaen. rmol.co

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyoroti sikap Waketum MUI Anwar yang tak sepakat dengan SKB tiga menteri soal pelarangan aturan seragam dengan kekhususan agama tertentu di sekolah negeri.

Menurut Ferdinand, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkait seragam dan atribut sekolah sudah tepat. Dia menilai status ‘sekolah negeri’ tidak bisa disamakan dengan sekolah berbasis agama.

“Wahai Pak Abas, ini bangsa Indonesia dengan Pancasila sebagai ideologi, falsafah dan landasan kebangsaanya dengan keragaman budaya lokal yang luhur. Maka yang namanya status negeri, negara, harus bisa diterima semua pihak. Soal seragam itu sudah benar, jangan diusik,” cuitnya lewat akun Twitter @FerdinandHaean3, dikutip Jumat (5/2).


Sepakat Istana Tak Balas Surat AHY, Ferdinand: Jangan Dibuat Lembaga Kepresidenan Turun Martabatnya

Sebelumnya, Waketum MUI Anwar Abbas tak setuju dengan SKB tiga menteri yang melarang Pemda serta sekolah negeri mengatur seragam dan atribut siswa dengan kekhususan agama tertentu.

Menurutnya, Indonesia adalah negara yang beragama, bukan sekuler. Oleh karena itu, cara berpakaian sesuai nilai agamanya masing-masing perlu ditanamkan sejak dini.

"Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini seperti dikatakan dalam pasal 29 ayat 1 adalah berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Ini artinya negara kita harus menjadi negara yang religious bukan negara yang sekuler," kata Abbas.

Sebut SKB Tiga Menteri Soal Seragam Sesat, Novel PA 212: Sudah Terbaca Agenda Jauhkan Islam dari Umatnya

Halaman: 
Penulis : Iskandar