logo


Pentagon Bekukan Rencana Donald Trump Tarik Pasukan AS dari Jerman

AS menunda implementasi kebijakan penarikan pasukan militer AS dari Jerman untuk dikaji ulang

4 Februari 2021 17:45 WIB

Pasukan AS
Pasukan AS CGTN

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Komandan Pasukan militer AS untuk wilayah Eropa Jenderal Tod Wolters mengatakan bahwa Pentagon tengah mengkaji ulang rencana penarikan 12 ribu personil pasukan dari wilayah Jerman yang dikeluarkan oleh Donald Trump pada tahun 2020, sehingga rencana tersebut harus dibekukan.

"Semua rencana penarikan pasukan militer AS tengah ditunda dan akan dikaji ulang secara komprehensif," kata Wolters pada Rabu (3/2) dikutip RT.com.

Pada awal bulan Juni lalu, Donald Trump mengumumkan akan segera menarik 100 ribu pasukan AS yang tengah bertugas di Jerman karena negara tersebut hanya membayar 1.4% PDB untuk sektor pertahanan, atau di bawah standar yang ditetapkan oleh NATO.


Militer Myanmar Blokir Semua Penerbangan Domestik dan Internasional di Negara Tersebut

Trump juga juga menyebut Jerman menolak untuk membatalkan proyek jalur pipa bahan bakar gas dengan Rusia, proyek the Nord Stream 2, yang mengancam ekspor gas alam AS ke wilayah Eropa.

Wolters dan Menteri Pertahanan AS waktu itu, Mark Esper, mengatakan bahwa penarikan pasukan AS dari Jerman untuk dialihkan ke wilayah lain akan meningkatkan resiko keamanan di wilayah Eropa.

Meski demikian kelompok bipartisan pemerintah AS mempertanyakan rencana tersebut, mengingat mereka dan NATO harus terus menekan Rusia terkait sengketa wilayah Crimea dengan Ukraina.

Irak Keluarkan Surat Penangkapan Donald Trump, Begini Reaksi Iran

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia