logo


BI Tegaskan Alat Tukar yang Sah Hanya Rupiah, Mantan Wasekjen MUI Ini Pertanyakan Kartu Tol dan Kartu Parkir

Jika dinar dan dirham bukan alat tukar, apakah kartu tol, kartu parkir itu alat tukar?

3 Februari 2021 20:51 WIB

Wakil Wasekjen MUI, Ustadz Tengku Zulkarnain
Wakil Wasekjen MUI, Ustadz Tengku Zulkarnain Dakwatuna.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mantan Wasekjen MUI, Ustad Tengku Zulkarnain angkat bicara soal anggapan bahwa dinar dan dirham bukan alat tukar yang sah. Dia pun mempertanyakan keabsahan alat pembayaran yang kerap digunakan masyarakat, seperti kartu tol maupun kartu parkir.

“Kepada yth @bank_indonesia jika dinar dan dirham bukan alat tukar, apakah kartu tol, kartu parkir dll itu alat tukar? Kan juga bukan alat tukar yang sah,” cuitnya lewat akun Twitter @ustadtengkuzul, dikutip Rabu (3/2).

Menurutnya, sistem barter maupun tukar barang dianggap sah dalam prinsip muamalat. Oleh karena itu, ia meminta Bank Indonesia (BI) untuk memecahkan persoalan ini.


Soal Vaksin Covid-19, MUI: Majelis Ulama yang Bertanggung Jawab di Hadapan Allah

“Dalam prinsip Muamalat jual beli sah dengan sistem barter, tukar barang, atau tukar dengan emas perak yang dilakukan. Beri jalan keluar,” lanjutnya.

Sebelumnya, BI menegaskan rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Pernyataan BI ini seiring munculnya indikasi penggunaan alat pembayaran selain rupiah di masyarakat seperti dinar dan dirham.

BI menjelaskan, berdasarkan Pasal 23 B UUD 1945 jo. Pasal 1 angka 1 dan angka 2, Pasal 2 ayat (1) serta Pasal 21 ayat (1) UU Mata Uang, Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu, setiap transaksi yang mempunyai tujuan pembayaran yang dilakukan di wilayah NKRI wajib menggunakan rupiah.

"BI mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dan menghindari penggunaan alat pembayaran selain rupiah," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, dalam keterangan tertulis pada Kamis (28/1).

Filipina Tetapkan Hari Hijab Nasional pada 1 Februari, Begini Reaksi Tengku Zulkarnain

Halaman: 
Penulis : Iskandar