logo


4 Program Starategis Capaian Kominfo Diapresiasi DPR RI

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyebutkan empat program strategis Kementerian Kominfo itu meliputi penyediaan infrastruktur teknologi, pengelolaan pos dan Informatika, pemanfaatan teknologi, dan komunikasi publik.

1 Februari 2021 19:44 WIB

Menteri Kominfo Johnny G. Plate
Menteri Kominfo Johnny G. Plate ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Pencapaian empat program strategis Kementerian Komunikasi dan Informatika tahun 2020 dalam memperkuat konektivitas digital dan menciptakan ruang digital yang sehat dan produktif diaperesiasi diapresi Komisi I DPR RI.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyebutkan empat program strategis Kementerian Kominfo itu meliputi penyediaan infrastruktur teknologi, pengelolaan pos dan Informatika, pemanfaatan teknologi, dan komunikasi publik.

Untuk program penyediaan infrastruktur teknologi, Kementerian Kominfo memperkuat infrastruktur telekomunikasi sekaligus infrastruktur data secara simultan.


Kementerian Kominfo Kembangkan 4 Pilar Literari untuk Percepatan Transformasi Digital

Demikian disampaikan Menteri Johnny pada saat Rapat Kerja Komisi I dan Kementerian Kominfo di Gedung Nusantara II Kompleks DPR RI Senayan Jakarta, Senin (01/02/2021).

“Hal ini dapat kita lihat dari beberapa kegiatan yang dilakukan seperti pembangunan 1,682 unit Base Transceiver Stations (BTS) khususnya di wilayah 3T Indonesia, yang kedua penyediaan 11,817 akses internet di fasilitas publik, ketiga pengadaan lahan Pusat Data Nasional, dan yang keempat pembaharuan sistem pemancar digital TVRI di 34 lokasi untuk mendorong proses Digitalisasi Televisi atau Analog Switch Off (ASO),” ujarnya.

Berkaitan dengan digitalisasi siaran televisi, Menteri Kominfo menyatakan hal itu ditandai dengan ditetapkannya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Digitalisasi siaran televisi atau ASO akan berlaku mulai tanggal 2 November Tahun 2022. Sebagaimana disyaratkan dalam undang-undang tersebut dua tahun sejak disahkannya Undang-Undang Cipta Kerja.

“Menjadi kewajiban bagi kita untuk mensukseskan proses digitalisasi TV melalui multiplexing untuk meningkatkan digital dividen Indonesia, dalam hal ini spektrum frekuensi. Mengingat nilai ekonomi yang signifikan terdapat 112 Mhz frekuensi digital deviden, saat ini Kementerian Kominfo sedang dalam tahapan persiapan seleksi,” tutur Menteri Johnny.

Sedangkan untuk program pengelolaan pos dan Informatika, Menteri Kominfo menyatakan sudah berlangsung penambahan spektrum frekuensi radio sebesar 30Mhz untuk memperkuat konektivitas digital nasional.

“Melalui program pemanfaatan teknologi untuk penciptaan ruang digital yang lebih produktif, Kementerian Kominfo melakukan pelatihan terhadap 58 ribu talenta digital, literasi lebih dari 200 ribu penduduk, melakukan proses takedown atau pemblokiran terhadap lebih dari 2 juta konten negatif di dalam ruang digital kita, serta mengembangkan 20 perusahaan startup atau rintisan digital baru,” ujarnya menjelaskan pemanfaatan teknologi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Bambang Kristiono memberikan apresiasi setelah mendengarkan penjelasan Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

"Komisi I DPR RI mengapresiasi capaian kinerja Kementerian Kominfo Tahun 2020 dan mendorong agar pencapaian kinerja terus ditingkatkan di tahun 2021," kata dia

Kolabs dengan Kemenparekraf, Kominfo Lanjutkan Tiga Program Pariwisata Pulihkan Ekonomi Indonesia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar