logo


Ambil Alih Posisi Huawei, Apple Jadi Produsen Smartphone Terlaris Kedua Tahun 2020

Counterpoin Research mengatakan bahwa pengiriman smartphone Apple pada tahun 2020 meningkat 3 persen, sementara menurut laporan Canalys, peningkatan pengirimannya mencapai 5 persen

29 Januari 2021 17:00 WIB

Logo Apple
Logo Apple reuters

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Apple berhasil mengambil alih posisi Huawei dan menjadi produsen smartphone terlaris kedua sepanjang tahun 2020 dibawah Samsung. Hal itu berdasarkan laporan riset terbaru yang dirilis oleh Counterpoint Research dan Canalis, dilansir dari The Verge pada Jumat (29/1).

Sementara itu, tiga posisi lainnya ditempati oleh Xiaomi, Oppo dan Vivo.

Pada 2019 lalu, Huawei sempat berhasil mengambil alih posisi Apple di tempat kedua. Tapi, sanksi AS tampaknya mulai dirasakan oleh produsen asal China tersebut. Jumlah pengiriman pasokan smartphone Huawei sepanjang tahun 2020 mengalami penurunan hingga 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Bahkan pada kuartal keempat tahun lalu, Huawei terlempar dari posisi lima besar, dan itu adalah yang pertama kalinya dalam enam tahun terakhir.


Skotlandia Ingin Merdeka, Boris Johnson: Saya Tidak Melihat Adanya Manfaat

Meski Huawei secara keseluruhan masih dapat mempertahankan posisi tiga besar, berkat penjualan domestik di China, namun Xiaomi yang sudah mulai meningkatkan strategi penjualan ke luar negerinya tentu saja dapat menjadi saingan terberat Huawei untuk pasar China. Pada tahun 2020 lalu, Xiaomi bahkan mencatatkan peningkatan penjualan ponsel ke luar negeri hingga mencapai 17 persen dibanding masa sebelum pandemi.

Meski demikian, Xiaomi bukanlah produsen smartphone dengan peningkatan tertinggi untuk pengiriman pada 2020, tapi Realme. Anak perusahaan Oppo tersebut tercatat mengalami peningkatan pengiriman hingga 63 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Counterpoint Research, peningkatan pengiriman smartphone Apple di tahun 2020 lalu hanya 3 persen, atau 2 persen dibawah laporan Canalys. Peningkatan pengiriman iPhone terbesar terjadi di penghujung tahun 2020.

Sementara itu, Samsung mungkin masih menjadi produsen ponsel pintar terlaris di dunia untuk saat ini. Namun kedua perusahaan riset tersebut melaporkan bahwa market share yang dimiliki oleh raksasa teknologi Korea Selatan tersebut terus berkurang. Jumlah pengiriman smartphone Samsung sendiri mengalami penurunan hingga 14 persen di tahun 2020 jika dibanding dengan 2019.

Samsung harus menghadapi Apple dalam penjualan smartphone kelas flagship, dan bersaing dengan sejumlah produsen asal China untuk ponsel kelas menengah.

Gegara Varian Baru Covid-19, Inggris Blokir Penerbangan dari dan Menuju Dubai

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia