logo


Skotlandia Ingin Merdeka, Boris Johnson: Saya Tidak Melihat Adanya Manfaat

PM Inggris melakukan kunjungan ke Skotlandia pada Kamis (28/1) sebagai upaya membatalkan rencana referendum kemerdekaan Skotlandia

29 Januari 2021 16:00 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson meminta kepada tokoh nasional Skotlandia untuk tidak lagi membahas mengenai rencana referendum kemerdekaan Skotlandia. Menurutnya, masyarakat masih ingin melihat persemakmuran Inggris dapat kembali lebih kuat setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Dalam kunjungannya ke Skotlandia pada Kamis (28/1), Johnson mengatakan bahwa referendum Skotlandia tidak bisa digelar pada tahun ini mengingat referendum sebelumnya sudah dilakukan pada 2014 lalu.

"Saya pikir bukanlah hal yang baik untuk dilakukan terkait pembahasan tanpa henti mengenai referendum saat, menurut saya, apa yang diinginkan oleh warga masyarakat di negara ini dan rakyat Skotlandia secara khususnya adalah (bagaimana) berjuang melawan situasi pandemi ini," kata Johnson saat berkunjung ke Edinburgh, dikutip Reuters.


AS Desak Rusia dan Turki Keluar dari Konflik Libya

"Saya tidak melihat adanya manfaat dari pertikaian konstitusional yang tidak terarah ini, saat kita sebelumnya sudah melakukan referendum yang sama belum lama ini," tambahnya.

Keretakatan dalam hubungan persemakmuran Inggris, yakni Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara, semakin melebar usai pemerintah Inggris memutuskan keluar dari Uni Eropa serta langkah Boris Johnson yang dinilai gagal dalam menangani situasi pandemi Covid-19.

Sejumlah survey juga menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Skotlandia ingin segera lepas dari persemakmuran Inggris yang telah terjalin selama lebih dari 3 abad.

Kunjungan Boris Johnson ke Skotlandia disaat negara tersebut sedang memberlakukan kebijakan lockdown tentu saja menuai kritik dan kecaman dari berbagai pihak, termasuk PM Skotlandia Nicola Sturgeon.

 

Isu Perubahan Iklim Bisa Perbaiki Hubungan AS-China, Sekjend PBB: Saya Berharap

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia