logo


Soal Pilkada 2022 Jadi Panggung Anies ke Pilpres, PKB: Ada Ridwan Kamil dan Khofifah

PKB menilai Pilkada 2022 tidak hanya bisa menguntungkan Anies, tapi juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah.

28 Januari 2021 16:15 WIB

Wakil Ketua Umum PKB, Faisol Riza
Wakil Ketua Umum PKB, Faisol Riza Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sejumlah partai politik yang mendorong Pilkada 2022 disebut sebagai jalan Anies Baswedan maju Pipres 2024. Ketua DPP PKB, Faisol Riza, menilai Pilkada 2022 tidak hanya bisa menguntungkan Anies, tapi juga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah.

"Wajar saja kalau ada yang melihat seperti itu dan menyimpulkan siapa yang memenangkan pembahasan UU Pemilu ini, maka dia (Anies Baswedan) sudah punya separuh modal memenangkan Pilpres 2024," kata Faisol kepada wartawan, Kamis (28/1).

"Ada benarnya. Tapi tidak boleh dilihat hanya Anies. Ada Ridwan Kamil dan Khofifah," tambahnya.


Soal Pilkada 2022, PPP Minta Jangan Dinilai untuk Beri Panggung Anies Baswedan

Menurutnya, pilpres tidak hanya ditentukan oleh Pilkada 2022. Faisol menyebut pilpres ditentukan oleh suara rakyat yang tidak bisa direkayasa.

"Tapi, jangan dilupakan bahwa pilpres ditentukan oleh suara hati rakyat. Seperti kita memilik Pak Jokowi, ternyata memang tidak keliru. Tidak bisa dibohongi atau direkayasa," ujarnya.

Faisol menilai Pilkada 2022 atau Pilkada 2024 memiliki kelemahan.

"2022 atau 2024 sama-sama ada kelemahannya. UU Pemilu kali ini seperti titik balik perubahan zaman seperti saat reformasi 98-99. Makanya memerlukan perhatian kita semua agar kemajuan demokrasi dapat terjamin sampai beberapa dekade di masa yang akan datang," ungkap Faisol.

Pilkada 2022 Dinilai Jadi Panggung Menuju Pilpres, PAN: Anies Tidak Butuh Panggung Khusus

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata