logo


Nggak Dapat Pasokan Vaksin, Spanyol Tunda Program Imunisasi Covid-19

Pemerintah Spanyol terpaksa menunda program vaksinasi Covid-19 karena produsen vaksin terlambat mengirimkan pasokan

28 Januari 2021 14:15 WIB

Ilustrasi.
Ilustrasi. Istimewa

MADRID, JITUNEWS.COM - Penundaan pengiriman vaksin Covid-19 telah memaksa sejumlah negara di wilayah Eropa menghentikan program vaksinasi mereka, tak terkecuali pemerintah Spanyol.

Salah satu pejabat pemerintah Spanyol, Ignacio Aguado mengatakan bahwa terbatasnya pasokan vaksin Covid-19 tersebut membuat sejumlah pemerintah daerah di Spanyol mengurangi jumlah penerima vaksin.

"Kami perlu lebih banyak dosis dan kami memerlukannya saat ini juga," katanya kepada para wartawan pada Rabu (27/1).


Joe Biden Bakal Tunda Rencana Penjualan Alutsista AS ke Luar Negeri

Ia juga mendesak Menteri Kesehatan Spanyol Carolina Darias bertindak cepat untuk mendapatkan pasokan vaksin COvid-19.

Pada pekan lalu, perusahaan biofarmasi AS Pfizer mengatakan bahwa mereka untuk sementara waktu menunda pengiriman vaksin Covid-19 untuk Uni Eropa karena adanya perbaikan proses manufaktur guna meningkatkan kapasitas produksi vaksin.

Pengumuman tersebut tentu saja memicu kemarahan dari berbagai negara di wilayah Eropa dan Komisi Uni Eropa, karena program vaksinasi mereka terhambat.

Sementara itu, perusahaan farmasi AstraZeneca yang berkolaborasi dengan Universitas Oxford dalam pengembangan vaksin Covid-19 juga mengumumkan bahwa mereka kemungkinan tidak dapat mengirimkan pasokan vaksin sesuai dengan target Uni Eropa pada kuartal pertama tahun ini karena menghadapi masalah yang sama dengan Pfizer.

Perang Vaksin, Uni Eropa Desak AstraZeneca Segera Kirim Vaksin Covid-19 atau Digugat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia