logo


Joe Biden Bakal Tunda Rencana Penjualan Alutsista AS ke Luar Negeri

Juru bicara Kemenlu AS mengatakan bahwa presiden Joe Biden ingin menunda dan mengkaji ulang rencana penjualan alutsista AS ke luar negeri

28 Januari 2021 12:18 WIB

Pesawat tempur F-35
Pesawat tempur F-35 Anadolu

WASHINGTON, JITUNEWS.COM - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, pada Rabu (27/1) mengatakan bahwa presiden Joe Biden akan mengkaji ulang dan menangguhkan rencana penjualan senjata AS kepada pihak luar negeri.

"Departemen (Luar Negeri AS) untuk sementara waktu menunda sejumlah transfer dan penjualan (sektor) pertahanan AS...untuk memberikan kesempatan bagi pemerintahan yang baru untuk mengkajinya," kata juru bicara yang tidak disebut namanya kepada Sputniknews.

Juru bicara tersebut tidak menjelaskan secara detail rencana penjualan senjata kepada pihak mana saja yang akan ditunda oleh AS. Namun, reportase yang dilakukan oleh Bloomberg mengungkapkan bahwa AS akan menunda penjualan pesawat tempur F-35 Lockheed Martin kepada Uni Emirat Arab dan persenjataan untuk kerajaan Arab Saudi.


Tujuh Bulan Diblokir India, TikTok Terpaksa Lakukan PHK Massal

Menurut The Wall Street Journal, penundaan ini dilakukan karena pemerintahan Joe Biden ingin memastikan bahwa senjata AS tidak akan digunakan dalam konflik Yaman.

Sementara itu, Dubes Uni Emirat Arab untuk AS Yousef Al Otaiba menegaskan pentingnya pengiriman pesawat tempur F-35 kepada mereka. Ia mengatakan bahwa pesawat tempur tersebut akan meningkatkan kemampuan tempur Uni Emirat Arab dalam menghadapi ancaman agresi dari pihak luar yang mengancam stabilitas kawasan.

"Secara spesifik, (pengiriman) pesawat tempur F-35 tak hanya sekedar penjualan perangkat militer AS kepada negara sahabat. Sama seperti AS, pengiriman ini juga memungkinkan UEA untuk mempertahankan kemampuan dalam menghadapi agresi (militer asing)," kata Al Otaiba, melalui postingan akun Twitter Kantor Kedubes Uni Emirat Arab.

Korsel dan AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama terkait Isu Denuklirisasi Korea Utara

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia