logo


Sentil Abu Janda, Tokoh NU: Menyebut Islam Arogan Itu Koplak

Sahal mengingatkan kepada Abu Janda agar lebih bijak dalam melihat Islam

27 Januari 2021 21:55 WIB

Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda
Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda Twitter @permadiaktivis

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pengurus Cabang Istimewa NU (PCINU) Amerika Serikat, Akhmad Sahal mengaku kecewa dengan cuitan Permasi Arya atau Abu Janda yang menyebut Islam sebegai agama yang arogan. Ia menegaskan bahwa Islam bukanlah agama yang arogan sebagaimana yang disampaikan Abu Janda.

"Twit @permadiaktivis1 yang bilang Islam sebagai arogan itu ngaco banget. Memang ada aliaran Islam tertentu yang haramkan tradisi lokal, tapi muslim yang menentang aliran tersebut banyak sekali. Paham keislaman NU justru sangat ramah dengan tradisi lokal. Menyebut Islam arogan itu koplak!," tulis Akhmad Sahal di akun Twitter @sahal_AS, Rabu (27/1/2021).

Sahal mengingatkan kepada Abu Janda agar lebih bijak dalam melihat Islam. Apalagi, kata Sahal, Abu Janda pernah tergabung dalam organisasi sayap NU.


Minta Abu Janda Segera Diproses Hukum, Ini Kekhawatiran Tengku Zul

"Dia selalu menampilkan diri sebagai orang yang ikut dalam banser dan ansor. Harusnya dia lebih bijak dalam melihat Islam dan harus belajar lebih banyak lah tentang Islam," ujarnya kepada CNNIndonesia.com.

Lebih lanjut, ia mengaku tak masalah jika cuitannya merupakan bentuk kritik terhadap Tengku Zulkarnain. Namun menurutnya, pernyataan Abu Janda jangan sampai memukul rata ajaran Islam.

"Saya kan juga sering mengkritik Tengkuzul kalau ada paham keislaman tertentu, di sini (maksudnya) punya kecenderungan menghabisi lokal. Islam bukan seperti itu semua," tegasnya.

Kerap Berulah Rasis dan Sudutkan Islam, Roy Suryo Minta Polisi Segera Tangkap Permadi Arya

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati