logo


Korsel dan AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama terkait Isu Denuklirisasi Korea Utara

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan bahwa Menlu Kang Kyung Wha telah berbicara dengan Menlu AS Antony Blinken melalui sambungan telepon, dimana keduanya sepakat akan segera menindaklanjuti isu denuklirisasi Korea Utara

27 Januari 2021 20:30 WIB

Rudal Balistik Korea Utara
Rudal Balistik Korea Utara istimewa

SEOUL, JITUNEWS.COM - Kementerian Luar Negeri Korea Selatan pada Rabu (27/1) mengatakan bahwa Menteri Luar Negeri Kang Kyung Wha telah melakukan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken melalui sambungan telepon.

Dalam kesempatan tersebut, keduanya sepakat untuk mengangkat isu denuklirisasi Korea Utara sebagai prioritas utama mereka.

"Kedua menteri telah berbagi pemahaman bahwa isu nuklir Korea Utara perlu segera ditindak lanjuti dibawah pemerintahan Joe Biden dan mereka juga sepakat untuk mempertahankan konsultasi untuk menyelesaikan masalah tersebut," kata Kementerian Luar Negeri Korea Selatan dalam siaran persnya, dikutip Sputniknews.


Jepang Berlakukan PSBB, Sejumlah Pejabat Kedapatan Keluyuran ke Kelab Malam

Selain isu Korea Utara tersebut, Kang dan Blinken juga sepakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama Seoul-Washington terkait sejumlah isu penting lainnya, seperti isu perubahan iklim dan penanganan Covid-19.

Sementara itu, pembahasan mengenai isu denuklirisasi Korea Utara telah tertunda sejak 2019 lalu dimana sejumlah perwakilan Korea Utara bertemu dengan delegasi AS di Hanoi, Vietnam.

Proses negosiasi tersebut bertujuan untuk menjalin normalisasi hubungan diplomatik antara AS, Korea Utara dan Korea Selatan, serta adanya pencabutan sanksi yang dijatuhkan oleh Washington terhadap Pyongyang.

Namun, Presiden AS Donald Trump secara sepihak memutuskan keluar dari negosiasi tersebut setelah mendengar usulan terkait pencabutan sanksi terhadap Korea Utara.

Tujuh Bulan Diblokir India, TikTok Terpaksa Lakukan PHK Massal

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia