logo


Jumlah Kematian Covid-19 Inggris Tembus 100 Ribu Kasus, Begini Respon PM Boris Johnson

Pada Selasa (26/1), jumlah kematian akibat infeksi Covid-19 telah menembus 100 ribu kasus, dan menjadi yang tertinggi di wilayah Eropa.

27 Januari 2021 18:55 WIB

PM Inggris Boris Johnson
PM Inggris Boris Johnson istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa dirinya sudah mengambil keputusan yang tepat terkait penanganan Covid-19, sesuai dengan ilmu pengetahuan dan saran pakar kesehatan.

Dalam sebuah konferensi pers pada Rabu (27/1), atau satu hari setelah jumlah kematian akibat infeksi Covid-19 di Inggris melewati 100 ribu kasus, Menteri Dalam Negeri Inggris Robert Jenrick mengatakan bahwa pemerintah sudah melakukan tindakan terbaik dan "mengambil keputusan yang tepat di waktu yang tepat."

"Kami melakukan semua yang kami bisa untuk melindungi nyawa orang banyak dan membantu menghadapi badai, serta periode yang sangat sulit ini," ujarnya dikutip Sky News.


Rusia dan AS Sepakat Perpanjang Perjanjian New START

"Kami mengambil keputusan yang dapat kami lakukan pada saat itu berdasar informasi yang tersedia," tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa keputusan tepat yang sudah diambil oleh pemerintah selama masa pandemi salah satu diantaranya adalah dengan memberlakukan kebijakan lockdown yang ketat menjelang perayaan Natal usai munculnya varian baru Covid-19.

"Hal terpenting saat ini adalah untuk fokus terhadap program vaksinasi," lanjut Jenrick.

Sementara itu, PM Boris Johnson mengatakan bahwa "ia turut berduka" atas tingginya jumlah kasus kematian akibat virus tersebut. Didampingi oleh penasihat kesehatan Chris Witty dan Patrick Vallance, ketiganya memperingatkan jika situasi wabah Covid-19 di Inggris akan semakin sulit.

"Akan ada lebih banyak kematian di beberapa pekan ke depan sebelum dampak program vaksinasi di seluruh negara mulai dirasakan," kata CHris Whitty.

Perang Dagang China-AS Belum Berakhir, Calon Kemendag AS Janjikan Kebijakan Agresif terhadap China

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia