logo


Saran WHO, Wanita Hamil Tidak Diberi Vaksin Covid-19 Moderna, kecuali...

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan bahwa vaksin Covid-19 Moderna seharusnya tidak diberikan kepada wanita yang sedang hamil kecuali mereka dalam kondisi sangat rentan terpapar virus tersebut.

27 Januari 2021 14:55 WIB

Ibu Hamil
Ibu Hamil

JENEWA, JITUNEWS.COM - Kelompok Penasihat Strategis WHO (SAGE) dalam hal Imunisasi mengeluarkan sejumlah rekomendasi terkait vaksin Covid-19 Moderna pada Selasa (26/1), dimana salah satunya menyatakan bahwa wanita yang sedang hamil tidak disarankan untuk diberi suntikan vaksin tersebut kecuali mereka bekerja sebagai petugas medis atau beresiko tinggi terpapar virus Sars-Cov-2.

"Meski kehamilan membuat wanita beresiko lebih tinggi terpapar Virus Covid-19, tapi penggunaan vaksin ini kepada wanita yang sedang hamil tidak disarankan," kata SAGE dalam pernyataan tertulisnya, dikutip RT.com.

Direktur Program Imunisasi WHO Kate O'Brien mengatakan bahwa vaksin Covid-19 Moderna perlu diuji cobakan pada wanita hamil.


Joe Biden Yakin Proyek Nord Stream 2 Hanya Akan Rugikan Uni Eropa

SAGE juga menekankan bahwa vaksin tersebut perlu diuji cobakan di fasilitas perawatan pasien yang memiliki reaksi alergi, untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan oleh vaksin tersebut.

Sementara itu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular AS (CDC) mengatakan bahwa klaim yang menyebut vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer tidak cocok digunakan kepada wanita hamil tidak memiliki cukup bukti, mengingat vaksin tersebut tidak mengandung virus Covid-19 sehingga tidak bisa membuat seseorang terinfeksi.

Pernyataan CDC AS tersebut juga mendapat dukungan dari Otoritas Kesehatan Inggris, yang menyatakan bahwa "vaksin Covid-19 tahap awal ini tidak mengandung organisme (virus) yang dapat menggandakan diri di dalam tubuh (seseorang), sehingga itu tidak dapat menginfeksi bayi yang ada di dalam kandungan."

Google Diminta Segera Hapus Telegram dari Play Store

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia