logo


Google Diminta Segera Hapus Telegram dari Play Store

Kelompok pemerhati jaringan internet AS, Coalition for a Safer Web meminta Google untuk segera menghapus Telegram dari Play Store mereka. Permintaan tersebut mereka tuangkan ke dalam sebuah gugatan.

27 Januari 2021 14:30 WIB

Telegram
Telegram istimewa

LOS ANGELES, JITUNEWS.COM - Ketua Coalition for a Safer Web (CSW), Marc Ginsberg, melayangkan gugatan yang diterima oleh pengadilan negara bagian California, Amerika Serikat, untuk meminta Google menghapus aplikasi perpesanan Telegram dari Play Store.

Ginsberg menduga aplikasi tersebut disalahgunakan untuk menyebarkan hasutan terkait tindak kekerasan, dan paham ekstrim, sama seperti aplikasi Parler yang sebelumnya sudah diblokir oleh Google dan Apple.

"Google belum mengambil tindakan terhadap Telegram, melihat tindakan yang mereka ambil terhadap Parler, untuk memaksa Telegram meningkatkan kebijakan moderasi kontennya," kata Ginsberg dalam tuntutannya, dikutip RT.com.


Yang Lain Bikin Kendaraan Otonom, Huawei Sudah Mulai Uji Coba Jalan Raya Pintar

Mantan Dubes AS untuk Maroko tersebut juga melayangkan tuntutan yang sama terhadap Apple.

Aplikasi Telegram sendiri belakangan ini mengalami peningkatan jumlah pengguna baru sejak Twitter, Facebook, dan YouTube mulai memperketat kebijakan konten yang ada dalam platform mereka. Pengetatan kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran paham ekstrim.

Peningkatan jumlah pengguna Telegram juga tak lepas dari langkah WhatsApp yang mengumumkan akan membagikan informasi data pengguna mereka kepada perusahaan induknya, Facebook.

Meskipun disebut sebagai "sarang" kelompok ekstrim kanan, namun Telegram telah mengambil tindakan dengan mengeluarkan kebijakan untuk menjaga platform mereka bebas dari ujaran kebencian. Pada pekan lalu, mereka juga mengumumkan bahwa puluhan channel Telegram sudah diblokir karena diduga berhubungan dengan kelompok supremasi kulit putih dan neo-Nazi.

Ada Varian Baru Covid-19 asal Jerman, Angela Merkel Minta Lockdown Diperketat

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia