logo


Kapal Asing Dilarang Masuk, China Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan Pekan Ini

China berencana menggelar latihan militer di Laut China Selatan pada pekan ini usai kapal induk AS beberapa hari lalu memasuki wilayah perairan tersebut.

26 Januari 2021 20:00 WIB

Kapal Perang China
Kapal Perang China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - China mengatakan bahwa mereka akan menggelar latihan militer di wilayah perairan Laut China Selatan pada pekan ini, atau beberapa hari setelah kapal perang AS dilaporkan memasuki wilayah perairan tersebut.

Sebuah pemberitahuan yang dikeluarkan oleh otoritas keamanan maritim China melarang semua kapal asing untuk masuk ke wilayah perairan di Teluk Tonkin, hingga semenanjung Leizhou mulai tanggal 27 hingga 30 Januari 2020. Namun, mereka tidak menjelaskan secara rinci kapan dan seberapa besar kegiatan latihan militer tersebut digelar.

Wilayah Laut China Selatan kini telah menjadi salah satu pusat konflik antara China dan Amerika Serikat. Militer AS juga meningkatkan aktivitas mereka di wilayah tersebut beberapa tahun belakangan ini seiring dengan China yang terlibat sengketa dengan sejumlah negara Asia Tenggara terkait Laut China Selatan


Vladimir Putin Sebut Aksi Protes soal Penahanan Navalny Sangat Berbahaya untuk Dilakukan

Diberitakan sebelumnya, jubir pemerintah China meminta AS untuk menghentikan aktivitas militernya di Laut China Selatan karena tidak kondusif bagi perdamaian dan stabilitas kawasan Asia Pasifik.

Ingin Lepas dari Inggris, PM Skotlandia Bakal Gelar Jajak Pendapat pada Mei 2021

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia