logo


Vladimir Putin Sebut Aksi Protes soal Penahanan Navalny Sangat Berbahaya untuk Dilakukan

Presiden Rusia menyebut aksi protes yang dilakukan oleh massa simpatisan Navalny sangat berbahaya dan melanggar hukum.

26 Januari 2021 18:30 WIB

Vladimir Putin
Vladimir Putin istimewa

MOSKOW, JITUNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin mengecam aksi protes yang terjadi pada Sabtu akhir pekan lalu untuk menuntut pembebasan tokoh oposisi Rusia Alexey navalny. Putin menyebut aksi protes yang dilakukan oleh massa simpatisan tokoh oposisi tersebut sebagai tindakan berbahaya dan melanggar hukum.

Lebih dari 3.700 pengunjuk rasa telah ditangkap dan diamankan oleh pihak kepolisian.

"Semua orang punya hak untuk menyampaikan pandangan mereka dalam framework yang sesuai dengan aturan hukum. Semua yang diluar aturan hukum tidak hanya kontra-produktif, namun juga sangat berbahaya," kata Putin dalam sebuah video, dilansir dari Reuters.


Aturan Jam Malam Tak Cukup Redam Peningkatan Kasus Covid-19, Perancis Lockdown Lagi?

Ia kemudian menyebut aksi serupa yang terjadi pada saat Revolusi Rusia 1917 dan runtuhnya Uni Soviet pada 1991 silam sebagai contoh aksi ilegal dapat menyebabkan rakyat jatuh dalam kesengsaraan dan seharusnya tidak dilakukan.

Sementara itu, Leonid Volkov, salah satu rekan Navalny yang saat ini berada di luar Rusia, mengumumkan rencana aksi protes susulan pada Minggu (31/1) untuk mendesak pemerintah Rusia agar segera membebaskan Navalny.

Uni Eropa Ancam Jatuhkan Sanksi Jika Rusia Tak Bebaskan Tokoh Oposisi Alexey Navalny

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia