logo


Tips Mudah Bertanam Monstera Deliciosa

Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini mempunyai ukuran yang besar seperti monster. Tanaman ini bisa hidup di dalam ruangan dengan temperatur suhu 20-30 derajat celsius.

26 Januari 2021 15:10 WIB

Monstera Deliciosa
Monstera Deliciosa Instagram

JAKARTA,JITUNEWS.COM -Monstera Deliciosa merupakan tanaman hias yang sangat populer akhir-akhir ini. Tanaman yang berasal dari hutan tropis Meksiko Selatan ini memiliki permukaan daun yang berlubang dan menjari di bagian pinggirnya.

Sesuai dengan namanya, tanaman hias ini mempunyai ukuran yang besar seperti monster. Tanaman ini bisa hidup di dalam ruangan dengan temperatur suhu 20-30 derajat celsius.

Menanam monstera deliciosa ternyata cukup mudah. Untuk melakukan budidaya monstera juga sangat mudah yaitu dengan cara di stek batang.


Cara Praktis Merawat Tanaman Hias, Cocok untuk Kamu yang Sibuk

Tanaman ini memerlukan media yang gembur atau porous. Anda dapat menggunakan tanah, kemudian dicampur dengan pasir, dan jangan lupa juga untuk memasukkan pupuk kompos. Ketiga media tanam ini kamu masukkan ke dalam pot dengan perbandingan 1 banding 1 untuk setiap itemnya.

Jika menanam monstera di dalam pot, maka harus dipastikan dasar pot memiliki lubang untuk pembuangan sisa air siraman agar media tanam tidak tergenang.

Selain memperhatikan campuran media tanamnya, kamu juga harus memperhatikan pot yang digunakan. Jika monstera kamu sudah tumbuh semakin besar, maka kamu harus mengganti ukuran potnya menjadi 5-10 cm lebih lebar dari ukuran pot sebelumnya. Hal ini dilakukan karena apabila akarnya sudah melingkar di dalam pot, maka pertumbuhan monstera akan melambat.

Tanaman monstera harus mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Tanaman monstera cukup di tempat yang teduh tetapi sinar mataharinya tetap masuk. Apabila monstera terpapar sinar matahari secara langsung, ia akan mudah kering.

Selain perihal cahaya, kelembapan monstera juga harus kamu perhatikan. Sebagai tanaman tropis, monstera memerlukan udara dengan kelembapan tinggi. Semakin lembab suatu tempat, maka pertumbuhan monstera akan semakin baik.

Dari kombinasi pencahayaan dan kelembaban yang memadai ini, maka tanaman monstera kamu akan menghasilkan daun yang berwarna hijau mengkilap.

Tanaman monstera juga perlu dipupuk. Pemupukan menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan kualitas media tanam yang lebih bagus dan sesuai untuk pertumbuhan tanaman monstera.

Tanaman ini cukup dipupuk NPK 16:16:16. Cara menggunakan pupuk NPK pada tanaman hias adalah dengan mencampurnya menggunakan air lalu siramkan atau semprotkan langsung ke tanah.

Mudah bukan bertanam monstera. Selamat berkebun sahabat Jitu

12 Ribu Kali Lebih Mematikan dari Bisa Ular, Tak Disangka, Tanaman Ini Paling Beracun di Dunia

Halaman: 
Penulis : Khairul Anwar