logo


Permadi Arya Bilang Islam Bukan Agama Asli Indonesia

Permadi berpesan kepada masyarakat agar tidak menginjak-injak kearifan lokal.

26 Januari 2021 05:30 WIB

Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda
Permadi Arya/ Ustaz Abu Janda Twitter @permadiaktivis

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Pegiat media sosial Permadi Arya alias Abu Janda menyesalkan pengharaman tradisi asli suatu daerah oleh sejumlah oknum. Bagi dirinya, hal itu merupakan kearifan lokal yang seharusnya dilestarikan.

Abu Janda juga menyebut bahwa agama Islam bukan berasal dari Indonesia, melainkan Arab. Dia menilai tradisi dan agama adalah dua hal yang berbeda.

Menurutnya, kebudayaan lokal setempat harus tetap dihormati agar tak menimbulkan konflik berkepanjangan.


Pigai Terima Perlakuan Rasis, Teddy Gusnaidi: Tidak Dibenarkan Menyerang Dia secara Fisik

“Islam memang agama pendatang dari Arab, agama asli Indonesia itu sunda wiwitan, kaharingan dll. dan memang arogan, mengharamkan tradisi asli, ritual orang dibubarkan, pake kebaya murtad, wayang kulit diharamkan. kalo tidak mau disebut arogan, jangan injak-injak kearifan lokal,” cuitnya melalui akun Twitter @permadiaktivis1, dikutip pada Selasa (26/1).

Pernyataan itu disampaikan Abu Janda dalam merespons sentilan dari seorang netter. Selain itu, ditampilkan pula sejumlah berita, salah satunya berjudul ‘Tradisi Sedekah Laut Bantul Dibubarkan, Warga: Mereka Bilang Syirik’.

“Hadeuh. Orang-orang @nahdlatululama dan @muhammadiyah pada ngga terima waktu ulamanya dibilang elitis. Ngamuk-ngamuk. Tapi saat agamanya dibilang arogan ama @permadiaktivis1 cuma bisa mingkem. Lha?” ujar akun @awemany.

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Tengku Zul Sindir Jokowi: Tidak Terdengar Ucapan Dukacita Beliau?

Halaman: 
Penulis : Iskandar