logo


Gubernur Bali Disorot Usai Tiup Lilin Bersama, Dokter Paru: Berisiko Tinggi Terinfeksi Covid-19

Meskipun semua peserta sudah dites Covid-19 dengan hasil negatif, namun hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan ada penularan virus corona.

25 Januari 2021 09:49 WIB

Ilustrasi
Ilustrasi Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Gubernur Bali, I Wayan Koster di sorot oleh banyak pihak saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun PDIP di aula kantor DPD PDIP Bali pada Sabtu (23/1/2021). Pasalnya, pria yang juga Ketua DPD PDIP Bali tersebut terlihat meniup lilin besama dua orang lainnya tanpa menggunakan masker. Bahkan, Koster terlihat menyuapkan potongan tumpeng ke salah seorang peserta, kemudian menyuapkan ke pesarta lainnya dengan menggunakan sendok yang sama.

Meski demikian, Koster menjelaskan bahwa acara tersebut sudah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Peserta hanya membuka masker saat makan, selain itu peserta sudah melakukan rapis tes antigen terlebih dahulu dengan hasil negatif Covid-19.

Menanggapi hal tersebut, Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Paru Indonesia (PDPI), dr Erlang Samoedro, Sp (K) mengatakan bahwa meniup lilin memiliki risiko yang tinggi terhadap peluran Covid-19.


GeNose Jadi Alat Screening Covid-19 Penumpang Kereta, Ahli Tak Setuju

"Sama saja berisiko tinggi terinfeksi, sama seperti batuk kan," ujarnya seperti dilansir detikcom, Senin (25/1/2021).

Meskipun semua peserta sudah dites Covid-19 dengan hasil negatif, namun menurutnya hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan ada penularan virus corona.

"Iya gimana risiko tertular Covid-19 dari asimtomatik, bisa saja terpapar saat dia nggak menunjukkan gejala. Sudah dites bukan berarti bebas corona, tesnya juga pakai tes apa dulu," jelasnya.

Anies Cerita Kesiapan Jakarta Tangani Covid-19 Sejak Awal, PDIP: Hanya Pembelaan Diri

Halaman: 
Penulis : Trisna Susilowati