logo


Bukan China, India Jadi Negara dengan Pertumbuhan Ekonomi Tercepat Tahun 2021 Ini

GlobalData memperkirakan jika India akan menjadi negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia pada tahun 2021 ini

24 Januari 2021 12:03 WIB

Bendera India
Bendera India istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - India diprediksi akan mengambil alih status negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia pada tahun 2021 ini yang selama dua tahun terakhir dipegang oleh China.

Menurut perusahaan riset dan analisa asal Inggris, GlobalData, tingkat pertumbuhan perekonomian India akan meningkat tajam hingga 9,7 persen pada tahun ini usai mengalami resesi pada tahun 2020 akibat pandemi. Pemulihan ekonomi pasca pandemi tersebut tentunya lebih cepat daripada negara-negara maju di seluruh dunia. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi China juga diperkirakan meningkat pada tahun ini sebesar 8,6 persen.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi India dipengaruhi oleh meningkatnya aliran investasi langsung luar negeri dalam beberapa bulan belakangan ini, seiring dengan langkah pemerintah yang mengeluarkan stimulus sebesar USD 266 miliar pada bulan Mei untuk membantu sektor perekonomian 'survive' dari hantaman pandemi Covid-19.


China Tingkatkan Tekanan terhadap Taiwan, AS: Kami Akan Terus Membantu Taiwan

Terlebih dengan menurunnya jumlah kasus infeksi Covid-19 di seluruh wilayah India bersamaan dengan meningkatnya permintaan juga menjadi tanda adanya pemulihan ekonomi.

"Dilonggarkannya aturan pembatasan, bersamaan dengan dikeluarkannya stimulus fiskal dari pemerintah, telah menghasilkan kinerja...manufaktur dan jasa yang sedikit lebih baik sejak Agustus 2020,” kata Gargi Rao, pakar riset ekonomi GlobalData, dikutip Quartz India.

Soal Kembalinya AS ke Perjanjian Nuklir dengan Iran, Israel Kirim Kepala Mossad Temui Joe Biden

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia