logo


Soal Kembalinya AS ke Perjanjian Nuklir dengan Iran, Israel Kirim Kepala Mossad Temui Joe Biden

Yossi Cohen, kepala Mossad, dikabarkan akan berkunjung ke AS pada bulan depan untuk bertemu dengan presiden Joe Biden terkait kemungkinan AS kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir Iran.

24 Januari 2021 11:41 WIB

Badan Inteljen Israel, Mossad
Badan Inteljen Israel, Mossad istimewa

TEL AVIV, JITUNEWS.COM - Yossi Cohen, kepala badan intelijen Israel Mossad, akan menjadi pejabat tinggi Israel pertama yang melakukan pertemuan dengan Joe Biden pada bulan Februari mendatang.

Dilansir dari RT.com, Channel 12 melaporkan bahwa Cohen dan Joe Biden akan membahas mengenai sejumlah persyaratan sebelum AS kembali masuk ke dalam perjanjian nuklir Iran 2015 atau JCPOA.

Dalam kunjungannya ke AS tersebut, Cohen juga dilaporkan akan bertemu dengan Kepala Badan Intelijen AS CIA terkait perkembangan program nuklir Iran, yang disebut saat tengah membangun senjata nuklirnya secara diam-diam.


Belasan Pesawat Tempur China Kembali Usik Wilayah Perbatasan Taiwan

Israel sendiri meminta perjanjian nuklir tersebut untuk dirombak secara radikal, dengan memperketat aturan bagi Teharan, termasuk penghentian peningkatan kadar uranium dalam program pengembangan nuklir mereka (Iran). Selain itu, Israel juga ingin Iran untuk menghentikan dukungan mereka terhadap kelompok teroris serta menarik pasukan militer dari wilayah Irak, Suriah dan Yaman.

Sebelumnya, presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa pihaknya bersedia kembali mematuhi aturan perjanjian nuklir 2015 jika pemerintah AS mencabut sanksi ekonomi yang dijatuhkan kepada Teheran serta kembali masuk ke dalam perjanjian tersebut.

China Tingkatkan Tekanan terhadap Taiwan, AS: Kami Akan Terus Membantu Taiwan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia