logo


Belasan Pesawat Tempur China Kembali Usik Wilayah Perbatasan Taiwan

Militer Taiwan terpaksa mengerahkan sistem pertahanan rudal anti pesawat terbang untuk mengawasi aktivitas belasan pesawat tempur China yang langgar batas negaranya

24 Januari 2021 10:21 WIB

Pesawat tempur Shenyang FC-31
Pesawat tempur Shenyang FC-31 istimewa

TAIPEI, JITUNEWS.COM - Militer Taiwan melaporkan bahwa belasan pesawat tempur China yang terdiri dari delapan pesawat pembom, empat unit jet tempur dan sebuah pesawat tempur anti kapal selam telah memasuki wilayah teritorial Taiwan secara ilegal pada Sabtu (23/1), sehingga mereka terpaksa mengerahkan sistem pertahanan rudal anti pesawat mereka untuk 'memonitor' belasan pesawat militer China tersebut.

"Peringatan radio sudah dikeluarkan dan sistem pertahanan rudal juga dikerahkan untuk memonitor aktivitas (pesawat tempur China) tersebut," kata Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan dalam sebuah pernyataan tertulis dikutip Sputniknews.

Menurut peta area "penerobosan" yang dilakukan oleh pasukan Angkatan Udara Pasukan Pembebasan Rakyat China tersebut, belasan pesawat tempur mereka terbang dari wilayah China Daratan, dan masuk hingga sejauh 300 kilometer dari garis pantai Taiwan.


Varian Covid-19 Inggris Disebut Lebih Mematikan, WHO: Tetap Tenang

Sejak tahun 2020 lalu, China diketahui sudah meningkatkan aktifitas militernya di Selat Taiwan, seiring dengan AS yang meningkatkan hubungan bilateralnya dengan Taiwan.

Pemerintah China sendiri hingga kini mengklaim bahwa Taiwan merupakan wilayah mereka yang pada masa mendatang akan kembali bersatu dengan China Daratan.

Melania Trump Bisa Dapat USD 50 Juta Plus Hak Asuh Anak jika Ceraikan Donald Trump

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia