logo


China Keluarkan Kebijakan Tenggelamkan Kapal Asing yang Masuk ke Wilayah Perairannya

China pada Jumat telah mengeluarkan kebijakan yang mengijinkan pasukan penjaga pantainya untuk menembak dan menengggelamkan kapal asing yang secara ilegal melanggar batas teritorialnya

24 Januari 2021 08:00 WIB

Kapal Perang China
Kapal Perang China istimewa

BEIJING, JITUNEWS.COM - Pemerintah China telah mengeluarkan kebijakan terbaru yang mengijinkan pasukan penjaga pantai mereka menembak dan menenggelamkan kapal asing yang secara ilegal memasuki wilayah perairan mereka. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan situasi panas di Laut China Selatan.

Dilansir dari Al Jazeera, China saat ini tengah bersitegang dengan sejumlah negara terkait sengketa wilayah perairan, termasuk dengan Jepang di Laut China Timur dan sejumlah negara Asia Tenggara di Laut China Selatan. Situasi semakin memanas setelah Amerika Serikat juga mengirimkan kapal perang mereka ke wilayah perairan dekat dengan Taiwan.

Kebijakan tersebut kemungkinan besar merupakan sinyal bahwa China saat ini sedang bersiap untuk meningkatkan perlindungan mereka terhadap kepentingan nasional mereka.


Hong Kong Lockdown Dua Hari, Ribuan Warga Dilarang Keluar Rumah

Jika China mampu mengendalikan dua wilayah perairan tersebut, hal itu akan menjadi keuntungan strategis tersendiri bagi China untuk menggeser posisi AS yang saat ini merupakan kekuatan militer paling dominan di kawasan Indo-Pasifik. China juga dapat meningkatkan sektor industri perikanan dan cadangan migas yang ada di kedua wilayah perairan tersebut, sehingga perkembangan perekonomian mereka dapat terus meroket.

Trudeau dan Joe Biden Sepakat Adakan Pertemuan Empat Mata Bulan Depan

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia