logo


Trudeau dan Joe Biden Sepakat Adakan Pertemuan Empat Mata Bulan Depan

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden AS Joe Biden rencananya akan menggelar pertemuan empat mata pada Februari mendatang.

24 Januari 2021 07:15 WIB

Joe Biden dan Justin Trudeau
Joe Biden dan Justin Trudeau istimewa

OTTAWA, JITUNEWS.COM - Pemerintah Kanada mengatakan bahwa Perdana Menteri Justin Trudeau berencana mengadakan pertemuan empat mata dengan Presiden AS Joe Biden pada Februari mendatang untuk membahas mengenai langkah penanganan dan perlawanan terhadap wabah Covid-19 di Amerika Utara.

"Kedua pemimpin sepakat untuk bertemu pada bulan depan untuk meningkatkan kerja sama dan memperbarui hubungan persahabatan antara Kanada dan Amerika Serikat," kata kantor pemerintahan Kanada dalam sebuah pernyataan tertulis dikutip Al Jazeera.

Sementara itu, kantor kepresidenan AS mengatakan bahwa kedua pemimpin tersebut akan melakukan pembahasan mengenai banyak isu, termasuk pengananan Covid-19 dan perubahan iklim.


Guardiola Minta Jumlah Klub yang Main di Liga Premier Inggris Dikurangi

Trudeau merupakan pemimpin pertama yang berbincang dengan Joe Biden melalui sambungan telepon sejak upacara pelantikan pada 20 Januari lalu.

"Mereka berdiskusi mengenai kolaborasi terkait vaksin dan upaya kedua negara untuk memperkuat pertukaran personil medis dan pasokan medis," kata pemerintah Kanada.

Sebelumnya, Trudeau mengatakan bahwa kedatangan Joe Biden menjadi tanda "era baru" bagi hubungan bilateral kedua negara, meskipun dimulai dengan ketidaksepakatan menyusul Joe Biden menghentikan proyek jalur pipa minyak dari Kanada ke AS, Keystone XL, pada hari pertama ia menjabat sebagai presiden AS pada Rabu (20/1).

Dalam pernyataan tertulisnya, Gedung Putih mengatakan bahwa Joe Biden menyadari jika keputusan yang ia ambil tersebut akan membuat Justin Trudeau kecewa sehingga ia berkomitmen untuk menjaga dialog bilateral AS-Kanada secara aktif guna mempererat dan meningkatkan kerja sama dengan Kanada.

Hong Kong Lockdown Dua Hari, Ribuan Warga Dilarang Keluar Rumah

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia