logo


Guardiola Minta Jumlah Klub yang Main di Liga Premier Inggris Dikurangi

Manajer Man City mengatakan bahwa jumlah klub yang lebih kecil dapat meningkatkan kualitas kompetisi Liga Premier Inggris.

24 Januari 2021 05:45 WIB

Pep Guardiola
Pep Guardiola Manchester City FC

MANCHESTER, JITUNEWS.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, meminta adanya pengurangan jumlah klub yang bermain di Liga Premier Inggris untuk meningkatkan kualitas kompetisi, ditengah munculnya pembahasan mengenai pembentukan kompetisi baru European Super League.

Isu terkait European Super League tersebut sebenarnya sudah muncul dan menjadi pembicaraan sejak beberapa tahun lalu, dan meningkat dalam dua tahun terakhir.

The Times mengatakan bahwa mereka sudah melihat sebuah proposal pembentukan kompetisi baru tersebut. Kompetisi tersebut nantinya akan diikuti oleh 20 tim terbaik di seluruh daratan Eropa yang akan dibagi menjadi dua grup, dan memainkan 18 hingga 23 pertandingan selama satu musim.


Ketua Olimpiade Internasional Tak Akan Tunda Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo

Kendati demikian, Guardiola menolak untuk membahasnya. Ia menegaskan bahwa yang terpenting saat ini adalah bagaimana memperkuat liga domestik.

"Saya memiliki firasat bahwa kita tidak bisa kehilangan prestis liga lokal," kata Guardiola dikutip Reuters.

"Apa yang harus kita lakukan adalah membuat setiap liga di Eropa menjadi lebih kuat dari saat ini...dengan sedikit tim di setiap kompetisi," tambahnya.

"Anda harus membuat super Premier League...untuk itu, anda harus mengurangi jumlah tim. Tapi, kita juga tidak bisa mematikan divisi yang lebih rendah atau Premier League itu sendiri," lanjut mantan manajer Bayern Munchen dan Barcelona tersebut.

Sementara itu, FIFA sudah mengeluarkan peringatan bahwa semua pemain yang bermain dalam kompetisi European Super League akan dilarang untuk ikut bermain dalam kompetisi resmi FIFA, termasuk Piala Dunia.

Uni Eropa Terancam Kekurangan Pasokan Vaksin Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia