logo


Viral Siswi Nonmuslim Diminta Berjilbab, Politikus Gerindra: Mencoreng Dunia Pendidikan

Ali mengatakan bahwa tidak boleh ada pemaksaan di lingkungan sekolah.

23 Januari 2021 16:15 WIB

Ali Zamroni
Ali Zamroni Ist

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Muncul video yang menunjukkan bahwa siswi nonmuslim SMK Negeri 2 Padang, Sumatera Barat (Sumbar) diminta memakai jilbab oleh pihak sekolah.

Politikus Partai Gerindra, Ali Zamroni, menilai bahwa kejadian itu membuat dunia pendidikan Indonesia tercoreng.

"Kasus ini jangan sampai terulang, karena akan mencoreng dunia pendidikan kita," kata Ali Zamroni kepada wartawan, Sabtu (23/1).


Siswi Non Muslim Diminta Pihak Sekolah Pakai Jilbab, Abu Janda: Sejak Kapan Agamamu Harus Ikut Agamaku?

Ali mengatakan bahwa tidak boleh ada pemaksaan di lingkungan sekolah.

"Pada prinsipnya tidak boleh ada pemaksaan apapun di lingkungan sekolah. Karena sekolah harus terbebas dari segala kepentingan apapun termasuk pewajiban jilbab bagi nonmuslim ini," ujarnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini menilai perlu ada kontrol dari kepala sekolah kepada para guru. Menurutnya, komite sekolah juga harus mengontrol kebijakan sekolah.

"Perlu ada peranan dan kontrol dari kepala sekolah kepada para guru-guru di setiap sekolah tersebut. Juga yang tidak kalah penting peranan komite sekolah sebagai wadah untuk melakukan kontrol terhadap semua kebijakan sekolah. Kita berharap setiap wali siswa tidak segan melaporkan hal-hal yang dianggap janggal dan di luar kewajaran terhadap hal-hal yang terjadi di sekolah," ujarnya.

Ali juga memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang langsung meminta maaf.

"Tapi saya mengapresiasi kepada pihak sekolah yang langsung meminta maaf. Di masa pandemi ini hendaknya kita semua bergandengan tangan bersama-sama supaya pendidikan kita tetap bisa melahirkan anak didik yang berprestasi," tutur Ali.

Kecam Pemaksaan Jilbab bagi Non Muslim di Sekolah Negeri, Denny Siregar: Pelanggaran HAM

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata