logo


Habib Rizieq Dilaporkan PTPN, Pengacara: Ini Bagian dari Membungkam

Habib Rizieq Syihab dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII terkait penyerobotan lahan untuk Ponpes

23 Januari 2021 14:19 WIB

Habib Rizieq Shihab.
Habib Rizieq Shihab. Istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Habib Rizieq Syihab dilaporkan ke Bareskrim Polri oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Laporan tersebut terkait penyerobotan lahan untuk Pondok Pesantren Alam Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Bogor.

Kuasa Hukum FPI, Sugito Atmo Pawiro, menilai bahwa laporan tersebut untuk membungkam Habib Rizieq.

"Ini bagian dari membungkam Habib Rizieq secara keseluruhan. Tidak hanya Habib Rizieq sebagai pribadi, FPI sebagai organisasi, tapi juga pesantrennya, yang menurut saya kalau pesantrennya kami sangat menyesalkan itu. tapi kalau itu sebagai bagian proses hukum yang harus dihadapi dan dijalani ya kita harus hadapi," kata Sugito seperti diberitakan Detikcom, Sabtu (23/1).


Minta Doa, Rizieq Shihab Sering Sesak Napas di Rutan

Sugito menilai ada upaya untuk membungkam Habib Rizieq. Menurutnya, Rizieq sangat kritis dengan kebijakan.

"Saya lihat ini adalah bagian dari proses grand design-lah yang terkait dengan FPI dan Habib Rizieq. Ya pertama bahwa Habib Rizieq itu harus diakui bagian dari keadaan sekarang yang sangat oposan terhadap pemerintah. Kedua, dia sangat kritislah terhadap kebijakan yang kalau itu memang dianggap bertentangan dengan hukum dan banyak kepentingan umat Islam yang misalnya dirugikan," katanya.

Sugito heran laporan dilakukan disaat sedang ramai soal Habib Rizieq dan FPI. Ia menyesalkan laporan PTPN ke polisi ketika sedang dalam proses dialog setelah somasi.

"Kenapa laporan itu di saat marak yang terkait dengan Habib Rizieq, yang terkait FPI, yang terkait penembakan 6 laskar. Toh, banyak pihak lain yang menguasai, entah menguasainya sesuai prosedur hukum yang benar atau tidak kami tidak mengetahui ya, pihak lain ya," katanya.

"Karena kan jawaban dari somasi PTPN kan sudah kami kirim dan mereka belum jawab secara resmi, tapi tiba-tiba setelah somasi kita kirimkan dan kita sudah jawab juga tidak merespons tiba-tiba mereka melaporkan ke Bareskrim. Ya sudah, kita tidak ada pilihan lain kecuali menjalani proses hukum yang dijalankan," tuturnya.

Terkait Penguasaan Lahan Pesantren, Habib Rizieq Dilaporkan ke Bareskrim Polri

Halaman: 
Penulis : Aurora Denata