logo


AS Berniat Perpanjang Perjanjian Senjata Nuklir dengan Rusia, Sekjen NATO Bilang Begini

Sekjen NATO, Jens Stoltenberg menyambut baik rencana AS memperpanjang perjanjian senjata nuklir dengan Rusia (New START)

23 Januari 2021 13:15 WIB

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg istimewa

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Sekertaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik rencana presiden Joe Biden untuk memperpanjang perjanjian nuklir dengan Rusia atau New START.

"Saya menyambut baik pengumuman yang disampaikan oleh (pemerintahan) presiden Joe Biden dan niatannya untuk mengupayakan perpanjangan perjanjian New START," kata Stoltenberg dalam konferensi pers pada Jumat (22/1).

"Saya sudah mengatakan bahwa kita seharusnya tidak berakhir di dalam sebuah situasi dimana kita tidak memiliki kesepakatan, tidak ada batasan terkait jumlah senjata nuklir, dan oleh sebab itu perpanjangan perjanjian New START sangat penting," tambahnya.


Menlu Iran Minta AS Cabut Semua Sanksi terhadap Teheran sebelum Masuk ke JCPOA

Pada kesempatan tersebut, Ia mengatakan bahwa perjanjian nuklir antara AS dengan Rusia akan menjadi langkah pertama dalam pengendalian senjata global.

"Perpanjangan perjanjian New START bukan lah akhir, melainkan harus menjadi permulaan dari upaya untuk memperkuat pengendalian senjata internasional..dan juga memasukkan lebih banyak negara (ke dalam perjanjian tersebut), seperti China," lanjutnya.

Sebelumnya, juru bicara Gedung Putih Jen Psaki mengumumkan bahwa Joe Biden berencana mengupayakan perpanjangan perjanjian senjata nuklir dengan Rusia yang akan berakhir pada Februari mendatang, selama lima tahun.

 

Lebih dari 150 Personil Pasukan Pengamanan Pelantikan Joe Biden Terinfeksi Covid-19

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia