logo


Nadiem Makarim Tak Inovatif, Ferdinand: Kapan sih Menteri Ini Diganti?

Nadiem akan memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM) untuk meminimalisir terjadinya learning loss atau kehilangan kompetensi belajar.

23 Januari 2021 05:00 WIB

Indonesia Inside

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Eks politisi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean ikut berkomentar mengenai wacana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang akan memberlakukan pembelajaran tatap muka (PTM).

Langkah itu diambil untuk meminimalisir terjadinya learning loss atau kehilangan kompetensi belajar.

Ferdinand heran Nadiem masih berpikir untuk menjalankan pembelajaran tatap muka, sedangkan pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan. Dia menilai mantan bos Gojek itu tak inovatif.


PKS Desak Mendikbud Nadiem Segera Selesaikan Masalah Guru Honorer

Dia menambahkan, keberadaan Nadiem di dunia pendidikan sama sekali tak membawa perubahan berarti.

Oleh karena itu, Ferdinand menyarankan Presiden Joko Widodo segera mencari sosok baru untuk menggantikan Nadiem di kursi Mendikbud.

“Kapan sih menteri ini diganti pak presiden? Mikirnya cuma PTM, tatap muka, sudah tahu Covid lagi menggila dan Covid tak mengenal usia semua diserang. Bukannya melakukan inovasi malah hanya berpikir tatap muka,” cuitnya melalui akun Twitter @FerdinandHaean3, dikutip pada Sabtu (23/1).

“Kasihan Presiden tak terbantu oleh menteri seperti ini,” ketusnya.

Seperti diketahui, pembelajaran jarak jauh (PJJ) berpotensi terjadinya learning loss (kehilangan kompetensi belajar). Untuk mengatasinya, Mendikbud Nadiem Makarim menyebut satu-satunya cara meminimalisir terjadinya learning loss adalah Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Langkah pertama yang yang sangat penting sekolah yang sulit melakukan PJJ harus masuk, tatap muka lagi adalah satu-satunya solusi biar mereka tidak lebih lagi ketertinggalan," kata Nadiem dalam diskusi bertajuk Merdeka Belajar, Transformasi Pendidikan Indonesia, Jumat (22/1).

Nadiem meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk membantu mengakselerasi sekolah tatap muka di tempat-tempat yang paling sulit melakukan PJJ.

"Jadi itu pertama yang harus dilakukan, kami akan mendampingi Pemerintah Daerah yang mungkin banyak dari mereka yang mungkin pelankan membuka sekolah di tempat 3T, kita akan dorong untuk membantu memfasilitasi tersebut," jelasnya.

Soal Aturan Pakai Jilbab di Sekolah Negeri, Denny Siregar: Mas Nadiem Makarim Harus Bereskan Hal Seperti Ini

Halaman: 
Penulis : Iskandar