logo


Penemuan Benda Mirip Rudal di Kepulauan Riau, Begini Analisa Roy Suryo

Benda tersebut tak memiliki kemiripan dengan sea glider atau drone yang sudah tiga kali ditemukan di perairan Indonesia.

22 Januari 2021 20:29 WIB

Roy Suryo.
Roy Suryo. Jitunews/Latiko A.D

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pakar telematika Roy Suryo ikut buka suara mengenai penemuan benda mirip rudal berwarna biru dengan tulisan Cina. Benda itu pertama kali ditemukan nelayan di tepi pantai di Kecamatan Siantan Timur, Anambas, Kepulauan Riau, Selasa (19/1) lalu.

Benda itu lantas diserahkan ke perwakilan TNI AL di Lanal Tarempa, Kepulauan Seribu, Kamis (21/1).

Roy menjelaskan benda tersebut tak memiliki kemiripan dengan sea glider atau drone yang sudah tiga kali ditemukan di perairan Indonesia.


Soal Video Syur 19 Detik Gisel dan MYD, Roy Suryo Ungkap Durasi Video Aslinya Kemungkinan Lebih Panjang

“Kalau dilihat Spec-nya, tidak mirip SeaGlider/Drone yang sudah 3 kali ditemukan sebelumnya,” cuit Roy melalui akun Twitter pribadinya, Jumat (22/1).

Menurutnya, benda itu lebih mirip barang untuk memperoleh data kelautan. “Mirip-mirip Argo Float/’profiling floats’ untuk monitor suhu, salinitas, arus dan sifat bio-optik lautan,” ungkapya.

Namun, eks Menpora era SBY ini menduga keterkaitan benda tersebut dengan insiden kapal Cina yang memasuki wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) secara ilegal pada enam hari lalu.

“Adakah kaitannya dengan kapal Xiang Yang Hong 03 yang “kepergok”?” ujar Roy.

Seperti diketahui, Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI sebelumnya berhasil mengintersep kapal survei China, Xiang Yang Hong 03.

Kapal itu terbukti mematikan Automatic Identification System (AIS) -yang berfungsi memberi informasi tentang kondisi kapal- saat melintasi perairan Selat Sunda pada Rabu (13/1) malam.

Ngabalin Unggah Foto Jatuhnya Sriwijaya Air, Ini Kata Roy Suryo

Halaman: 
Penulis : Iskandar