logo


Jepang Nggak Bakal Tunda Penyelenggaraan Olimpiade Tokyo

Pemerintah Jepang menegaskan bahwa pihaknya akan menggelar Olimpiade Tokyo pada pertengahan tahun ini

22 Januari 2021 14:00 WIB

Olimpiade
Olimpiade

TOKYO, JITUNEWS.COM - Wakil Menteri Kepala Kabinet Jepang Manabu Sakai mengatakan bahwa laporan mengenai kemungkinan penundaan dalam penyelenggaraan event olahraga internasional Olimpiade Tokyo adalah tidak benar. Hal tersebut ia sampaikan dalam sebuah konferensi per yang digelar pada Jumat (22/1), dilansir dari Reuters.

Pernyataan tersebut menjadi pernyataan bantahan adanya laporan yang dipublikasi oleh media Inggris The Times, mengutip pernyataan seorang narasumber anonimnya yang mengatakan bahwa pemerintah Jepang akan menunda penyelenggaraan Olimpiade Tokyo hingga tahun 2032 mendatang.

"Tidak ada satu orang pun yang bersedia menjadi pihak pertama yang menyatakan hal ini tapi konsensusnya adalah (penyelenggaraan Olimpiade) ini terlalu sulit (untuk tidak ditunda)," kata sumber anonim kepada The Times.


Google Ancam Hentikan Layanan Mesin Pencariannya untuk Wilayah Australia

"Secara pribadi, saya pikir (Olympiade Tokyo) ini tidak akan terjadi (di tahun ini)," tambahnya.

Sama seperti negara maju lainnya, perekonomian Jepang sendiri saat ini sudah menghadapi dampak buruk yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, terlebih dengan peningkatan kasus Covid-19 yang terjadi belakangan ini membuat mereka terpaksa menutup kembali wilayah perbatasan, kecuali bagi warga Jepang. Pemerintah juga memberlakukan status darurat untuk wilayah Tokyo dan kota-kota besar lainnya.

Dilansir dari CNA, 80 persen warga Jepang tidak ingin Olimpiade Tokyo digelar pada musim panas 2021 ini karena khawatir kontingen atlit dari luar negeri berpotensi menyebarkan virus Covid-19.

Disisi lain, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga menegaskan bahwa dirinya bertekad untuk tetap menggelar Olimpiade Tokyo pada pertengahan tahun 2021, setelah sempat tertunda selama satu tahun.

Mayoritas Warga AS Sebut Donald Trump Presiden Terburuk dalam 50 Tahun Terakhir

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia