logo


Oxford dan AstraZeneca Siapkan Vaksin Khusus Lawan Varian Baru Covid-19

Varian baru Covid-19 dikhawatirkan dapat mempengaruhi tingkat efektivitas vaksin Covid-19.

22 Januari 2021 11:30 WIB

vaksin Covid-19 AstraZeneca
vaksin Covid-19 AstraZeneca istimewa

LONDON, JITUNEWS.COM - Sejumlah peneliti di Universitas Oxford, Inggris, dikabarkan tengah menyiapkan sebuah vaksin khusus untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 varian baru yang lebih mudah menular. Varian baru tersebut muncul di Inggris pada pertengahan Desember 2020 lalu.

Menurut laporan The Telegraph pada Rabu (20/1) juru bicara tim peneliti dari Oxfrod dan AstraZeneca mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan penelitian untuk mengevaluasi dampak varian baru Covid-19 tersebut terhadap tingkat efektivitas vaksin Covid-19 yang sudah ada. Mereka juga akan melakukan penyesuaian dalam formulasi vaksin jika varian baru virus tersebut terbukti mampu menurunkan kemampuan vaksin.

Pada kesempatan terpisah, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan bahwa otoritas pengawas obat Inggris siap memberikan persetujuan bagi versi baru vaksin Covid-19 tersebut untuk melawan virus mutasi Covid-19.


Kasus Covid-19 Naik, tapi Uni Eropa Minta Negara Anggota Tak Tutup Wilayah Perbatasan

Pengujian laboratorium terbaru telah menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 yang berhasil dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech tampaknya masih efektif dalam mencegah infeksi yang disebabkan oleh varian baru Covid-19 yang muncul dari Inggris, yang kini sudah mulai menyebar ke berbagai negara di dunia.

BioNTech juga sudah mengatakan bahwa pihaknya berencana merilis sebuah analisa yang lebih detail terkait tingkat efektivitas vaksin buatan mereka dalam melawan infeksi varian Covid-19 asal Afrika Selatan dalam beberapa hari ke depan.

Sejumlah pihak pengembang vaksin Covid-19 lainnya, seperti Moderna and CureVac dikabarkan juga sedang melakukan pengujian terhadap vaksin yang mereka buat terhadap varian baru Covid-19 yang lebih menular tersebut.

Keluarkan Perintah Eksekutif untuk Tangani Krisis Covid-19, Biden: Kita dalam Situasi Darurat Nasional

Halaman: 
Penulis : Tino Aditia